Lihat ke Halaman Asli

Roza Metabiarawati

Tulisan disini adalah tulisan yang ingin saya tulis

Gawai Membuat yang Jauh Semakin Dekat yang Dekat Semakin Jauh

Diperbarui: 17 April 2023   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seiring perkembangan zaman, semakin canggih alat yang digunakan. Zaman digital dan milenial memanglah mempermudah kita untuk berinteraksi dengan orang-orang baru maupun orang yang berjarak cukup jauh dengan kita. Bukan hanya  memudahkan kita berinteraksi tetapi, di era digital ini juga menyebabkan kebnyakan anak-anak kehiangan masa kecil yang cukup menyenangkan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan anak kecil sekarang sudah di beri gawai secara pribadi oleh orangtuanya. Biasanya karena orangtuanya sibuk jadi anak-anak diberikan gawai supaya tidak rewel, sebenarnya hal ini kurang tepat dilakukan karana membuat anak-anak zaman sekarang mejadi jarang berinteraksi di dunia nyata, mereka terbiasa mengurung diri demi bermain game atau bermain sosial media melalui gawai mereka.

Banyak hal yang menyenangkan seharusnya bisa dilakukan semasa kanak-kanak, misalnya bermain menggunakan permainan tradisional. Banyak permainan tradisional seperti gobak sodor, cublak-cublak suweng, jamuran, petak umpet dan beberapa permainan lain. Semasa dulu permainan-permainan biasanya dimainkan oleh anak-anak kecil di tanah lapang saat bulan purnama. Kini sudah tidak ada lagi karena pergeseran zaman yang semakin milenial.

Permainan tradisional anak sebenarnya bisa untuk melatih taggung jawab dari anak-anak itu  dan juga melatih kekompakan, karena bermain dengan berbagai usaha, kerja sama dan juga kejujuran untuk memenangkan permainan. Kemenangan bukanlah hal utama yang diinginkan oleh anak-anak kecil zaman dulu ketikaa brmain permainan tradisionl, tetapi kebersamaan, kekompakan dan bagaimana kita mengatasi masalah bersama-sama supa tidak terjadi perselisihan. Dibandingkan dengann anak-anak zaman sekarang, kebanyakan mereka egois karena terbiasa hidup mengurung atau kurang berinteraksi di dunia nyata, mereka terlalu nyaman dengan gawai masing-masing.

Dari sekian banyak dampak negatif yang disebabkan oleh gawai ada banyak juga hal positif yang kita lakukan dengan adanya gawai. kita semakin mudah untuk berkomunikasi dengan siapapun secara cepat, bahakan kita bisa melihat orang yang sedang berkomunikasi dengan kita saat di tempat yang berbeda. Dengan adanya gawai kita dipermudah memperoleh kabar atau informasi secara kilat.

Tergantung bagai mana kita menggunakan gawai dengan bijak, menggunakan secukupnya dan seperlunya. Jangan sampai kita terlalu berlebihan menggunakannya sehingga kita lupa bahwa kita sedang hidup di dunia nyata dan perluberinteraksi dengan orang yang berada di lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline