Lihat ke Halaman Asli

4 Dampak Negatif Kartu Kredit yang Harus Diwaspadai

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kartu kredit saat ini sudah menjadi barang yang tidak hanya bisa dimiliki kalangan tertentu. Asal anda memenuhi syarat, maka anda bisa memiliki kartu plastik ini. Alat transaksi alternatif ini bisa sangat membantu anda terutama saat anda dalam keadaan darurat. Meski demikian, ada juga dampak negatif kartu kredit yang patut anda perhatikan. Apakah saja itu?

Dampak negatif kartu kredit pada dasarnya tidak terlalu berpengaruh jika anda bijak dan disiplin dalam menggunakannya. Dampak ini baru berlaku jika anda belum siap untuk memilikinya, atau malah menggunakannya. Nah, berikut ini kami akan tampilkan daftar dampak negatifnya:

Dampak negatif yang pertama adalah kartu kredit bisa membuat anda menjadi tidak bertanggung jawab. Sekali lagi, dampak ini kembali tergantung pada karakter anda sebagai pemegangnya. Jika anda hanya menggunakan kartu plastik ini untuk keperluan konsumtif, tanpa mau melihat limit finansial yang anda miliki, maka hal ini bisa sangat berbahaya. Anda bisa terjerat dengan hutang yang semakin membengkak dari waktu ke waktu.

Dampak negatif kartu kredit selanjutnya dalah membuat pemegangnya menjadi pelupa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Profesor Dilip Soman dari University of Colorado, kartu kredit akan membuat anda menjadi pelupa. Hal ini dikarenakan kartu plastik ini bisa menciptakan ilusi likuiditas . Ilusi tersebut membuat nasabah kartu kredit menjadi bingung dalam kemampuan dalam menghabiskan uang. Hal ini terbukti dengan banyaknya pemegang kartu kredit membeli barang atau yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Dampak negatif selanjutnya berkaitan dengan kesehatan, pengguna kartu kredit yang tidak bijak cenderung lebih gampang menjadi gemuk. Kok bisa? Dampak ini berkaitan dengan dampak yang kedua, dimana akibat ilusi likuiditas membuat anda lebih cenderung membeli makanan mewah yang justru sebenarnya tidak sehat dibanding saat anda memegang uang tunai.

Dampak negatif kartu kredit yang terakhir adalah menciptakan ilusi kehidupan yang menipu. Saat anda memiliki kartu kredit, anda akan merasa bisa membeli segalanya, ilusi ini sangat berbahaya ketika anda tidak sadar bahwa prinsip kartu plastik ini adalah hutang yang ditangguhkan. Alhasil, bagi mereka yang tidak disiplin dan bijak, ilusi kenyamanan hidup membuat mereka terjebak dalam jebakan kartu kredi yang justru membuat mereka terperosok dalam hutang.

Nah, itu tadi dampak negatif kartu kredit yang perlu anda waspadai. Oleh sebab itu, anda harus sadar sepenuhnya tentang kelebihan dan kelemahan kartu kredit sebelum menggunakannya. Lalu, belajarlah untuk menggunakannya dengan bijak dan displin. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline