Lihat ke Halaman Asli

Impian "Angin Perubahan" dari Senayan?

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1412134323323577471

[caption id="attachment_326635" align="aligncenter" width="523" caption="Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta (Sumber : Kompas.com)"][/caption]

"The world is closing in, Did you ever think

That we could be so close, like brothers

The future's in the air, I can feel it everywhere

Blowing with the wind of change ... "

Itulah penggalan lirik lagu "Wind of Change" dari grup band Scorpion. Sebuah lagu yang ingin saya persembahkan untuk wakil rakyat yang pada 01 Oktober 2014 lalu telah dilantik & mengambil sumpah menjadi anggota DPR/MPR di Senayan - Jakarta

Lagu tentang perubahan ini, rasanya pas untuk didengarkan oleh para wakil rakyat di Senayan. Karena saat ini sebagian besar publik, terutama pelaku bisnis & investor, melihat adanya stagnasi di lembaga legislatif ini. Tak heran indeks IHSG & nilai Rupiah mendapat tekanan pasca pemilihan Ketua & Para Wakil Ketua DPR.

Sebenarnya "Angin Perubahan" telah mulai bertiup pasca tampilnya Jokowi & Ahok menjadi Gubernur/ Wagub DKI Jakarta, yang kemudian disusul dengan  terpilihnya Jokowi-JK di pentas nasional.

Reformasi Birokrasi & kebijakan di Pemprov DKI Jakarta, yang telah & sedang dilakukan oleh Jokowi-Ahok  (mungkin bisa disebut "Revolusi") sungguh membanggakan. "Revolusi" yang hasilnya telah & akan dinikmati oleh publik Jakarta ini, semoga menular ke seluruh pemda di Indonesia. Apalagi Jokowi -JK telah terpilih jadi Presiden-Wapres. Publik tentu sangat optimis, bahwa dari sisi eksekutif akan segera terjadi perubahan besar untuk kemaslahatan & kesejahteraan bangsa ini.

Nah, bagaimana dari sisi legislatif (DPR/MPR) ? Sebenarnya dengan meliat komposisi anggota baru lebih banyak daripada petahana, ini bisa jadi harapan bagi publik & khusunya para wakil rakyat sendiri , bahwa DPR akan memulai perubahan & terobosan.

Melihat realitas dan komposisi kepemimpinan di DPR saat ini, mungkinkah akan ada "Wind Of Change" dari para wakil rakyat yang baru ini ? Ataukah masih akan terus jadi impian ?

Publik tentu berharap bahwa DPR periode 2014-2019 ini, bisa menunjukkan kerjasama & sinergi yang baik dengan pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Jokowi-JK.

Rakyat tentu juga berharap bahwa para wakilnya yang terhormat ini,  bisa melepaskan diri dari kesan publik bahwa mereka hanyalah "kacung-kacung" dari para "majikan/pemilik" partai politik. Karena tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar "majikan/pemilik" tsb, mulai diragukan integritas & komitmennya untuk memperbaiki bangsa & negara yang besar ini.

Semoga harapan itu bisa terwujud. Jika tidak, maka "Angin Perubahan" dari Senayan hanya akan menjadi impian dalam 5 tahun kedepan.

Salam Perubahan & Salam Politik Akal Sehat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline