Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Masyarakat pada SD N Ulujami 07 Pagi

Diperbarui: 26 Agustus 2018   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Komunikasi online semakin penting untuk mendukung proses transfer ilmu dalam proses belajar-mengajar terutama di sekolah. Guru sebagai sumber ilmu dan pelaku utama dalam transfer ilmu tersebut perlu mengaplikasikan informasi teknologi dalam lingkungan sekolah dan dalam proses mengedukasi murid, namun kendala keuangan sering menjadi penghambat dalam pengaplikasian teknologi komunikasi. Dalam rangka menanggulangi kendala tersebut, perlu adanya pendidikan dan pelatihan weblog sebagai media komunikasi online dikarenakan biayanya yang relatif murah dan praktis dalam penggunaannnya.

 Kondisi yang demikian mendorong dosen-dosen dari AMIK BSI Jakarta untuk membuat pengabdian masyarakat dalam rangka memberikan pelatihan weblog kepada guru-guru di SDN 07 Pagi Ulujami.Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 dan 24 Maret 2018, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sederhana namun efektif dalam memberikan pelatihan weblog kepada guru-guru di sekolah tersebut, walaupun sederhana, suasana kelas yang penuh dengan peserta tidak surut semangat belajarnya walaupun kegiatan dilaksanakan pada hari libur sekalipun.

 Dalam proses kegiatan pelatihan, terlihat sekali bahwa penerapan weblog dalam proses belajar mengajar memang diperlukan, hal ini terlihat dari animo peserta yag semangat dalam tanya jawab terkait materi yang di sampaikan oleh Ibu Triningsih, M.Kom selaku tutor pada kegiatan tersebut. Hanya saja dikarenakan kekurangan akses internet, tidak semua peserta dapat secara penuh melakukan simulasi weblog, namun hal tersebut tidak menurunkan kualitas pelatihan secara keseluruhan.

 Pada akhir kegiatan, panitia, peserta dan tutor melakukan tanya jawab tambahan untuk memastikan pemahaman materi yang disampaikan apakah sudah jelas atau belum, secara keseluruhan, acara kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dari jam 8.00 sampai jam 11.00 yang diakhiri dengan penutupan dan pemberian bingkisan dan kenang-kenangan kepada para guru di sekolah tersebut.

 Semoga dari kegiatan tersebut dapat mendorong guru-guru di sekolah tersebut untuk mengaplikasikan weblog sebagai media komunikasi di SDN Ulujami 07 sehingga para murid dapat menyerap, mengaplikasikan kemudian mendayagunakan hal tersebut untuk membangun kemampuan dasar terkait teknologi informasi dalam kegiatan keseharian mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline