Lihat ke Halaman Asli

Royan Raiskhana

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terampil Bicara di Depan Umum

Diperbarui: 8 Januari 2024   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berpidato di depan Kelas/dokpri

Berbicara adalah hal biasa yang sering dilakukan setiap manusia. Saat bertemu dengan teman yang sudah kita kenal lama, kita akan berbicara panjang lebar bahkan terasa seperti tidak akan ada habis-habisnya. 

Sebagian orang terbiasa membicarakan berbagai hal, mulai dari hal yang penting sampai hal yang biasa saja. Meski demikian, faktanya tidak semua orang dapat berbicara dengan baik dalam suatu kondisi. Seperti ketika berbicara dengan orang baru atau berbicara di depan umum, sebagian orang akan merasa sangat khawatir, gugup, dan akhirnya menyebabkan masalah saat berbicara.

Dalam dunia akademik, kegiatan berbicara di depan umum atau persentasi bukanlah hal yang baru. Mahasiswa secara alamiah dipaksa untuk terbiasa melakukan persentasi di depan kelas. 

Saat melakukan persentasi, kami melihat ada sebagian orang yang tidak dapat menyampaikan materinya dengan baik, hingga audience tidak mengerti dengan apa yang disampaikan. Mengapa orang yang biasa berbicara setiap harinya tetap mengalami kesalahan saat persentasi? atau Hal apa saja yang membuat berbicara dalam persentasi ilmiah menjadi sulit dilakukan?

Menurut Larry King dalam bukunya "Seni Berbicara" mengatakan bahwa, berbicara merupakan bentuk komunikasi manusia paling esensial, yang membedakan kita sebagai suatu spesies. Kemampuan berbicara seseorang diperoleh melalui proses menyimak dan membaca. 

Sejak dalam kandungan kita telah dikharuniai kemampuan untuk mendengar, dengan mendengar kita dapat menyimak segala hal yang berada di sekitar kita. Karena pada dasarnya, menyimak adalah suatu aktivitas yang mencakup kegiatan mendengar bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterpretasi, menilai, dan merealisasi atas makna yang terkandung dalam bahan simakan. 

Berbicara dilakukan untuk menyampaikan pemikiran sang penutur kepada lawan bicaranya, dalam arti lain berbicara memerlukan adanya orang lain sebagai lawan bicara. 

Selain menyimak, kemampuan berbicara dapat dipelajari secara intensif dengan membiasakan berkomunikasi dengan orang lain, atau berbicara di depan umum. Memulai berbicara di depan umum atau berkomunikasi dengan orang baru bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, bahkan itu bisa menjadi sebuah mimpi buruk.  

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya, yaitu:

1. Melatih berbicara di depan umum secara intensif,

2. Memiliki wawasan yang luas, sehingga tidak lupa ketika menyampaikan materi,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline