Lihat ke Halaman Asli

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (Dogmit) Angkatan 2 Tahun 2017

Diperbarui: 30 Mei 2017   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Belajar merupakan kegiatan yang mungkin cukup membosankan dan kurang diminati apalagi kalau kita selalu mengajar dengan monoton. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, kita dituntut untuk belajar dan mengikuti perkembangan IT. Kondisi tersebut mengakibatkan pada perbedaan murid dulu dan sekarang, maka sebagai guru kita harus bisa mengikuti perkembangan teknologi supaya tidak gaptek. 

Apabila kita tidak bisa menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi tersebut, maka kita akan tertinggal dan tergantikan dengan tenaga - tenaga ahli, bahkan bisa juga tergantikan oleh peralatan - peralatan canggih yang sudah tersedia dan semakin berkembang.  Saya sebagai guru SMP mata pelajaran IPA, merasa harus belajar kembali hal - hal yang berkaitan dengan teknologi, karena tuntutan dari pekerjaan dan lingkungan bahwa setiap guru harus bisa meningkatkan kompetensi dirinya terutama dalam  IT. Penggunaan Kurikulum 2013, juga menjadi salah satu alasan untuk guru mengikuti dan mempelajari perkembangan IT yang terjadi. Peningkatan kompetensi diri dalam bidang IT sendiri sangat bermanfaat bagi kegiatan mengajar sehari-hari, yaitu untuk pengembangan bahan ajar dan penilaian kurikulum 2013 yang berbasis IT. Bila kita tidak menyesuaikan diri dengan perubahan ini kita akan merasa terasing dengan lingkungan kita dan tidak percaya diri.

E –Training Guru Melek IT merupakan suatu sarana yang bisa memotivasi saya untuk menambah pengetahuan seputar perkembangan IT yang ada baik di lingkup pendidikan maupun di lingkup luar pendidikan, mengikuti pelatihan yang menunjang kemampuan, serta bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan saya yang muncul mengenai cara pengajaran yang tepat berbasis penggunaan IT. Pada saat ini, banyak guru – guru yang ikut pada setiap angkatan dengan materi yang menarik setiap sesinya, serta pelaksanaanya yang fleksibel dalam artian kita dapat mengikuti kegiatan pelatihan sesuai waktu yang kita inginkan, tanpa perlu meninggalkan fokus kegiatan utama kita di kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya, saya memberanikan diri untuk keputusan mengikuti pelatihan E –Training Guru Melek IT ini, meskipun saya masih memiliki pengetahuan  tentang IT yang masih minim.

 Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini , saya bisa lebih percaya diri, mandiri dalam menjalani kehidupan di lingkungan kerja, mampu memanfaatkan IT sebaik mungkin untuk kegiatan belajar mengajar, lebih inovatif dan kreatif dalam pengajaran dengan memanfaatkan IT, dapat menjadi orang yang mampu menciptakan suatu karya baru berhubungan dengan kegiatan pendidikan berbasis IT, lebih efektif dan efisien di lingkungan kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline