Lihat ke Halaman Asli

"Kualitas Pendidikan Islam Yang Kurang Memadai”

Diperbarui: 19 November 2015   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pendidikan Islam dituntut agar harus menyeluruh dan menyatukan pengembangan potensi, kecerdasan spiritual, moralitas, dan keutuhan sosial. Dan pendidikan Islam pula harus didukung dengan berbagai strategi dan proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran yang akan dicapai.

Adapun kehadiran teknologi pun, juga tidak boleh dilewatkan oleh lembaga-lembaga atau instansi-instansi pendidikan Islam. Alasannya, karena teknologi merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari anak didik yang memiliki kemampuan dalam teknologi informasi modern dan menjadi kebutuhannya.

Pengutamaan yang lainnya adalah peningkatan kualitas guru. Dimana terdapat nilai-nilai di dunia pendidikan yang harus diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah memiliki kemampuan berkomunikasi, dapat menguasai bahan ajar atau materi pembelajaran, memiliki rasa cinta dalam mengajar, memiliki wawasan yang luas dan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan teknologi. Selain itu juga, lembaga atau instansi pendidikan Islam juga harus membekali peserta didiknya dengan kemampuan berbahasa yang baik.

Bukan hanya bahasa Inggris maupun bahasa Arab melainkan juga dengan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Jepang, bahasa Mandarin, ataupun bahasa – bahasa lainnya. Dengan begitu, ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum akan menjadi seimbang dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Adapun kualitas lembaga maupun instansi pendidikan Islam juga masih perlu untuk ditingkatkan. Dimana lembaga-lembaga ini belum secara maksimal menciptakan alumni-alumni atau kader-kader yang jujur dan dapat dipercaya, baik dalam bidang keilmuan, agama, keterampilan, dan kecakapan hingga kader-kader tersebut mampu untuk bersaing penuh dengan orang lain.

Bahkan dalam hal ini, peran dari orangtua juga sangat diperlukan sekali. Karena mengingat bahwa pendidikan Islam ini sangat membutuhkan dukungan dari orangtua untuk mencetak anak-anak yang berkualitas tinggi dengan memiliki ilmu agama yang sangat berkualitas juga. Dan tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya menjadi anak yang tidak shaleh. Begitu pula dengan para guru yang menginginkan anak didiknya menjadi anak yang sukses di masa depannya. Hanya saja, dalam mencapai hal-hal tersebut dibutuhkan proses yang akan ditempuh untuk mewujudkan dan mengusahakan niat yang baik itu.

Namun, anak-anak sekarang susah untuk mendapatkan pola asuh yang baik karena pada zaman sekarang ini banyak para orangtua yang sibuk bahkan terlalu sibuk bekerja. Padahal, mendidik anak itu seharusnya dimulai dari sejak dini atau sejak masih kecil. Tetapi banyak anak-anak yang sudah terbiasa dimanja, dilarang berbuat yang ingin anak lakukan dan bahkan tidak dipercaya lagi.

Disitulah sebab akibat, dimana anak didik menjadi kurang percaya diri, keras dan memiliki pribadi yang lemah baik fisik maupun psikisnya. Dan fakta  yang timbul disini adalah pendidikan sekarang belum mampu menghasilkan manusia yang berakhlak mulia dan tidak siap menghadapi kehidupan dunia. Fakta  lainnya adalah minimnya pengetahuan orangtua dalam ilmu pendidikan.

Sikap optimis juga sangat penting untuk  dibangun  sejak kecil agar anak bisa menjadi lebih kuat dan menjadi mandiri dalam menjalani kehidupan di masa depan dan berbagai macam tantangan hidup lainnya. Apalagi tantangan di masa depan akan semakin besar. Bukan sekedar tantangan fisik dan materi saja melainkan tantangan psikis juga.

Tantangan psikis juga harus dihadapi dengan kemampuan emosional dan intelektual. Emosi yang baik akan melahirkan pengaruh optimisme tetapi jika emosi yang dikeluarkan tidak baik maka akan melahirkan pengaruh yang negatif atau pesimisme. Kita dapat melakukannya dengan menunjukkan sikap pantang menyerah kapan saja dan dimana saja.

Para orangtua juga harus pintar memilih lingkungan pekerjaan dan sekolah, serta tetap memelihara keluarga sehat jasmani dan rohani. Sehingga anak-anak dapat dengan tenang dan senang jika orangtua mereka memperhatikan mereka juga. Dan faktor terbesar yang paling  mempengaruhi setiap sikap optimis anak didik adalah yakni pada lingkungan. Yang mana dalam ruang lingkup terkecilnya itu terdapat pada keluarga itu sendiri. Anak atau anak didik tersebut yang tumbuh dengan baik di lingkungan keluarga ataupun di lingkungan masyarakat, yang mana mereka selalu mendukung dengan hal yang positif maka ia (anak didik) cenderung akan memiliki sikap atau sifat yang positif atau memiliki hidup optimis. Begitu pula sebaliknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline