Lihat ke Halaman Asli

Penjelasan dan Fungsi EYD Edisi 5 dalam Masyarakat

Diperbarui: 23 September 2023   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis: Rosyidah Nur Halimah & Dr. Muhammad Rohmadi Ratulisa, M.Hum.

Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Edisi 5 adalah pedoman ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dan diperbarui oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Edisi 5 EYD ini adalah revisi terbaru dari pedoman ejaan bahasa Indonesia yang telah ada sebelumnya.

Tujuan utama dibuatnya EYD adalah untuk menjaga konsistensi dan keseragaman dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di tengah masyarakat umum. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Edisi 5 mencakup 4 Bab bahasan, yaitu:

1. Penggunaan huruf

2. Penulisan kata

3. Penggunaan tanda baca

4. Penulisan unsur serapan

Masing-masing dari bahasan memiliki keutamaan sendiri, seperti penulisan unsur serapan dari bahasa asing misalnya. Untuk menyesuaikan kaidah berbahasa masyarakat Indonesia, terkadang diperlukan sedikit perubahan untuk mencapai keselarasan dalam pengucapan seperti accomodation dalam bahasa Inggris diubah menjadi akomodasi dalam bahasa Indonesia, accent menjadi aksen, charisma menjadi karisma, lalu ticket menjadi tiket, dan seterusnya.

Penggunaan tanda baca dengan benar pun tak kalah penting. Sebab tulisan yang salah dalam penggunaan tanda baca bisa merusak arti dari tulisan itu sendiri dan rawan multitafsir. Kita bisa melihat dan membandingkan ketiga kalimat di bawah ini.

1. "Siska, rumah Andi masih jauh."

2. "Siska, rumah Andi masih jauh?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline