Lihat ke Halaman Asli

Produk Olahan Minyak Atsiri: Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Undip 2024 Ciptakan Lilin Pengusir Lalat dan Aromaterapi Berbahan Seraiwangi dan Kayu Putih

Diperbarui: 24 Februari 2024   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi, 2024

Wilayah KHDTK Undip dan sekitarnya memiliki tanah yang cukup bagus dan subur, dibuktikan dengan biodiversitas yang sangat beragam terutama floranya. Tidak sedikit tumbuhan yang hidup tergolong ke dalam tumbuhan yang dapat menghasilkan minyak atsiri, seperti kayu putih, serai wangi, nilam, dsb. Hal ini memberikan peluang kepada Rosy Annisa sebagai mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2024 untuk menciptakan suatu produk yang sangat berguna bagi masyarakat dengan memanfaatkan potensi minyak atsiri.

Lilin pengusir lalat sekaligus sebagai aromaterapi ini menjadi produk yang menarik untuk dibuat. Mengingat lalat merupakan serangga yang seringkali dijumpai di berbagai tempat. Keberadaan serangga ini sangat mengganggu sehingga perlu untuk dilakukan penanganan khusus untuk menghalangi kedatangannya. Lilin ini dibuat dengan campuran khusus dari minyak serai wangi dan kayu putih yang dipercaya memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga terutama lalat. Senyawa yang terkandung antara lain sitronelol, geraniol, dan eucalyptus yang memiliki aroma khas yang tidak disukai lalat dan dapat mengganggu saraf pada lalat.

Meskipun tidak disukai oleh lalat, aroma yang ditimbulkan dari minyak serai wangi dan kayu putih memiliki aroma yang khas yang memberikan kesan segar dan menenangkan bagi manusia. Untuk menambahkan kesan nyaman, ditambahkan esensial oil lavender, sehingga memberikan aroma yang harum dan dapat digunakan sebagai aromaterapi. Untuk menambahkan kesan yang cantik dan elegant, lilin ini dikemas dalam suatu wadah unik yang tahan panas dan tidak mudah terbakar dengan permukaan wadah yang memiliki corak abstrak menambahkan nilai keestetikannya.

Dok. Pribadi, 2024

Tujuan dari pembuatan produk ini adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan tanaman atsiri sehingga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai produk olahan minyak atsiri yang dihasilkan dipamerkan dan disosialisasikan kepada masyarakat sekitar pada Minggu, 11 Februari 2024 di Joglo KHDTK Undip. Harapannya, masyarakat di sekitar KHDTK Undip dapat ikut serta membuat produk olahan dari minyak atsiri dan nantinya dapat diperjual belikan untuk membantu menambah pendapatan masyarakat sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline