Lihat ke Halaman Asli

Rosy Amelia

Mahasiswa Universitas Padjadjaran

"Berani Memimpin" Gaya Generasi Muda di Era Digitalisasi Bisnis

Diperbarui: 24 Mei 2019   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di era digital seperti saat ini, kemajuan -- kemajuan teknologi kini seolah menjadi suatu hal yang tak diragukan lagi keberadaannya. Pada era ini, seluruh manusia seolah dituntut untuk mampu menghadapi kemajuan -- kemajuan teknologi seperti yang sedang terjadi saat ini. 

Arus globalisasi kini memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kehidupan manusia, yang mana kemajuan teknologi mampu menghubungkan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya tanpa mengenal jarak dan waktu.

Digitalisasi pada saat ini, merupakan hal utama bagi setiap manusia dalam setiap melakukan aktivitas. Selain menyajikan kemudahan, tentunya dengan digitalisasi semua pekerjaan akan terasa lebih mudah, efektif dan efisien. Maka, tak heran jika digitalisasi pada saat ini dapat menjadi tuntutan utama bagi para pelaku bisnis. 

Terlebih dalam hal ini, apabila para pelaku bisnis tidak mampu menyesuaikan diri dengan keberadaan digitalisasi, tentu para pelaku bisnis harus siap menerima berbagai konsekuensi pahit mulai dari ditinggalkan oleh konsumen hingga terhempas dari lingkungan bisnis yang ada.

Adanya digitalisasi bisnis ini, tentunya akan menjadi hal yang serius bagi para pemangku kebijakan untuk dapat mengeluarkan ide, gagasan,  dan strategi dalam menciptakan dan mengembangkan sebuah bisnis.  

Yang mana, keberadaan para pemimpin yang handal dan siap dalam menerima tantangan baru dalam mendigitalisasikan suatu bisnis tentu sangatlah dibutuhkan. Hal ini pun berlaku bagi seluruh generasi pemimpin untuk dapat memahami serta menyesuaikan diri dalam mengikuti perkembangan zaman. 

Terlebih bagi para pemimpin pemuda, keberadaan digitalisasi bisnis yang ada saat ini, kini seolah dapat dikatakan sebagai ajang pertarungan yang sesungguhnya mengingat peran dari kemajuan digital yang sudah sangat melekat dengan para generasi -- generasi muda.

Dalam konteks ini, peran pemuda dapat diimplikasikan melalui keikutsertaan para generasi muda untuk dapat ikut serta menjadi pemimpin muda dalam sebuah lini bisnis. Yang mana kegiatan tersebut tentunya bertujuan untuk dapat memberikan kontribusi yang positif bagi negerinya serta mampu bersaing dengan negara -- negara lainnya. 

Dalam hal ini, ketersediaan ruang yang cukup bagi pemimpin muda untuk dapat berpartisipasi aktif demi memajukan negara tentu sangatlah dibutuhkan. Ruang -- ruang tersebut dapat diwujudkan melalui sikap suatu bangsa yang mampu mendukung segala aspek yang dapat memajukan bangsa itu sendiri. 

Yang mana dalam hal ini, terlebih bagi bangsa Indonesia harus tetap fokus dalam menyiapkan, menunjang dan membangun kepemimpinan muda agar dapat memberikan pengaruh serta dapat menyelesaikan permasalahan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Sebagai ranah yang didominasi oleh pria, pada era digitalisasi bisnis saat ini, sangat jarang terlihat lahirnya pemimpin-pemimpin wanita yang dapat berpengaruh di bidangnya. Padahal, di dalam industri saat ini, seolah menuntut terciptanya berbagai inovasi  yang tiada henti dalam kurun waktu yang relatif cepat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline