Lihat ke Halaman Asli

Rosse Hutapea

Praktisi PR

"Music in You", Program Pengenalan Pendidikan Musik di UPH

Diperbarui: 23 Maret 2018   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Pemahaman tentang pendidikan musik sangat perlu diketahui oleh para penggemar musik atau pemusik  muda. Apa saja ruang lingkup musik, apa saja yang dipelajari, bagaimana metode belajarnya dan banyak hal seputar proses belajar mengajar di pendidikan musik sampai karier di bidang musik. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan (CoM UPH) menggelar sebuah acara program workshop musik yang dinamai 'Music in You' pada 10 April 2018, untuk memperkenalkan seputar  pendidikan musik di CoM UPH kepada para siswa SMA yang nanti akan melanjutkan studi di bidang musik ke jenjang universitas. Untuk bisa mengikuti program ini, siswa (kelas 10 dan 11) harus mendaftar dan melengkapi form yang dapat diunduh di https://docs.google.com/forms.

Bagi siswa yang ingin menjadi musisi, Anda dapat belajar untuk memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui pendidikan musik di CoM UPH siswa akan dipersiapkan tidak hanya untuk mampu menjadi penyaji musik yang unggul, tetapi juga kristis dan inovatif. 

"Komitmen kami di Conservatory of Music UPH adalah menghasilkan lulusan yang bukan saja mahir dalam bermain musik, namun memiliki wawasan dan kecakapan akademis yang memadai. Kami berkomitmen membangun satu budaya akademis yang kondusif di kampus; satu lingkungan yang memberikan ruang yang menggairahkan untuk para dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan penelitian di bidang seni dan musik. 

Musik memiliki potensi dan peran yang besar dalam memajukan kualitas kehidupan individu dan masyarakat. Oleh karena itu melalui berbagai program pengabdian masyarakat kami berusaha untuk terus relevan dalam meresponi kebutuhan yang ada di masyarakat melalui seni dan musik. Peran kepemimpinan dan advokasi seni belum banyak mendapatkan perhatian, ini menjadi satu peluang yang besar," jelas Antonius Sugeng Priyanto, seorang Master Komposisi Musik dari University of Philipines, yang juga Dekan Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan (CoM UPH).

Menyikapi masih banyaknya kekurangpahaman masyarakat dan juga siswa mengenai pendidikan formal musik khususnya di tingkat universitas, maka hal ini menjadi kendala untuk pengembangan pendidikan musik di Indonesia. Karenanya  CoM UPH mengadakan program workshop musik yang diberikan secara gratis

Kegiatan ini difasilitasi langsung oleh para dosen yang juga musisi yang mengajar di CoM UPH. Adapun workshop yang diberikan mencakup tujuh peminatan yang ada di Conservatory of Music UPH yaitu Classical Performance, Jazz and Pop Performance, Music Composition, Music Education, Music Therapy, Performing Arts Production and Management,dan Sound Design and Music Production.Para siswa yang ikut acara ini berkesempatan memainkan alat musik dipandu para pengajar serta dapat bertemu langsung dengan para alumni CoM yang telah sukses berkarier di dunia musik.  (rh)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline