Lihat ke Halaman Asli

Rosse Hutapea

Praktisi PR

Comvee 2017 Dorong PR Kreatif

Diperbarui: 22 Juni 2017   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Comvee(Communication Avenue) merupakan acara tahunan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UPH yang sudah diadakan sejak 11 tahun lalu. Acara ini diadakan sebagai wadah untuk memperluas wawasan mahasiswa sekaligus ajang untuk menguji kompetensi di bidang ilmu komunikasi. Berbagai acara diadakan seperti seminar, kompetisi, exhibition, hingga performance. Tema-tema yang diangkat umumnya dari fenomena di masayarakat terkait bidang komunikasi.

Communication Avenue 2017 mengangkat "THRONES: THE RISE OF MODERN COMMUNICATION" sebagai tema besar.  PRIDE (Public Relations Ideas Exploration) merupakan salah satu rangkaian kompetisi dari Communication Avenue 2017 yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa/i dalam menanggapi suatu fenomena secara kritis dan terstruktur, dengan menggunakan strategi-strategi komunikasi dalam bidang kehumasan.

PRIDE dikemas dalam bentuk kompetisi untuk membuat program kampanye PR kreatif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang trend di masyarakat saat ini. Sejalan dengan tema Comvee 2017, program PRIDE mengusung tema Equal with Technology : Enhancing Quality of Life with Technology. Tujuan dari pemilihan tema ini, agar peserta mampu melihat dari sudut pandang PR mengenai bagaimana caranya membuat suatu program kreatif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang banyak digunakan dalam keseharian masyarakat saat ini, seperti Instagram, Instant Messaging.

Kompetisi ini diawali dengan pengiriman proposal yang dikumpulkan pada 22 Mei 2017. Total proposal yang masuk ada sebanyak 10 proposal dari 9 universitas diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Binus university, Universitas Muhammadiyah, Universitas Ahmad Dahlan, UNICOM, dan  lainnya. Peserta merupakan tim yang beranggotakan 3 orang. 

Yang menarik dari kompetisi ini, panita membuat program company visit yang wajib diikuti oleh seluruh peserta. Sehingga peserta juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan melalui rangkaian program PRIDE. Company visit berlangsung pada 13 Juni 2017, ke dua PR Agency, yaitu Zeno Indonesia, yang dikenal banyak menghasilkan strategi dan ide-ide kreatif di bidang kampanye Public Relations, dan Edelman, sebuah perusahaan Public Relations terkemuka di Indoensia.

Di babak semi final, 10 tim mempresentasikan proposal dihadapan juri, pada 14 Juni 2017, di gedung F ruang 905 UPH Karawaci, Tangerang. Selanjutnya dipilih 9 tim yang melaju ke babak penyisihan pada 14 Juni 2017, untuk selanjutnya dipilih kembali 5 tim terbaik yang melaju ke babak final. Kelima tim tersebut berasal dari Binus Kemanggisan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2 tim dari  Universitas Padjajaran, dan Universitas Indonesia.  

Para finalis diberikan studi kasus untuk dipecahkan  dan dipilih pemenangnya. Kemampuan para peserta diuji oleh juri yang berpengalaman dari tim dosen Ilmu Komunikasi UPH yaitu Dr. Rizaldi Parani, S.Sos, M.I.R dan Dr. Benedictus A. Simangunsong, S.IP., M.Si.

Berikut ini para pemenang kompetisi PRIDE;

Juara 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan tema kampanye Xplore Depok " .

Juara 2, Universitas Padjajaran  dengan tema kampanye "Anak Bijak " .

Juara 3, Universitas Padjajaran dengan tema kampanye "Digiration (Digital Literation for The Generation)"

Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, sertifikat dan Trophy.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline