Lihat ke Halaman Asli

Yuk Kenalan dengan 5 Komunitas Online yang Bakal Kasih Kamu Insigt terkait Kesehatan Mental!

Diperbarui: 16 September 2024   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Di era modern saat ini, kesadaran untuk menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat krusial, khususnya bagi pemuda yang seringkali berhadapan dengan tekanan sosial, tekanan akademis, dan pekerjaan. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, terdapat 6,1% pemuda yang mengalami gangguan kecemasan seperti depresi dan anxiety. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan dimana masih banyak pemuda yang belum menyadari seberapa pentingnya menjaga kesehatan mental mereka. 

Untungnya, di era teknologi yang semakin pesat ini, banyak solusi yang ditawarkan untuk mendukung kesehatan mental para pemuda. Salah satunya adalah dengan mengikuti Komunitas Online yang berfokus pada peningkatan mental health awareness dan edukasi terkait gejala dan gangguan Kesehatan Mental. Komunitas ini tentunya akan memberikan ruang bagi pemuda untuk lebih aware terhadap kesehatan mental mereka.

Berikut adalah 5 Komunitas Online yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan mental health awareness!

1. Mataharikita.co 

Mataharikita.co adalah Organisasi yang bergerak di bidang Psikologi dan sosial kemanusiaan yang bertujuan untuk membawa pergerakan lebih baik untuk masa depan yang akan datang dengan cara menyebarluaskan edukasi seputar Mental Health dan Self-development di dalam maupun di luar komunitas.

Dengan visi menjadi pendengar dan teman bagi masyarakat berbagi cerita sekaligus menjadi tempat pengembangan diri, Mataharikita.co juga memiliki beberapa program kerja dalam komunitasnya seperti Free Counseling, yaitu program yang memberikan layanan kesehatan mental yang terbaik untuk individu yang membutuhkan pertolongan secara mental. 

Selain itu terdapat juga berbagai program seperti,  Webinar, Talkshow, Volunteer Campaign, Live Instagram, dan Podcast yang berfokus pada topik kesehatan mental dan pengembangan diri bagi setiap individu. 

Setiap 3 bulan sekali, Mataharikita.co akan membuka Perekrutan anggota komunitas yang membidangi banyak divisi. Tentunya kamu dapat bergabung untuk menambah pengalaman sekaligus menambah insight kamu tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

2. Karsa Cita

Karsa Cita adalah Komunitas yang berfokus pada peningkatan kesehatan mental sekaligus pengembangan kepribadian anak muda. Karsa Cita rutin mengadakan berbagai kegiatan seperti dialog atau webinar terkait Mental Health dan Self-development.

Komunitas ini juga memiliki banyak program seperti Katagram atau Karsa Cita's Instagram Live Session, Caca atau Campaign Volunteer, Katalk atau Karsa Cita Talks, Katasa atau Karsa Cita Sharing Session, dll. Tentunya beragam kegiatan ini berfokus pada peningkatan kesehatan mental dan pengembangan diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline