Lihat ke Halaman Asli

Rose Marz

Unlimited Love Edition :) Kesederhanaan dalam Kebersamaan Itu Penting Bacalah, Menulislah, Bacalah, Tuliskan, maka itu akan mengantarkan ke depan pintu-pintu gerbang kebahagiaan hidup sepanjang hayat

Sense Card Game untuk Meningkatkan Sensibility pada Anak

Diperbarui: 31 Oktober 2022   22:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sense Card. Sumber: Buku Guru Bahasa Inggris "Work in Progress" untuk SMA/SMK/MA Kelas X

Sense card game untuk meningkatkan kepedulian sosial dan emosional terhadap diri, orang lain dan lingkungan

Sense card

Adalah kartu gambar dari alat panca indera manusia. Sense card ini terdiri dari lima organ tubuh panca indera yaitu mata, lidah, hidung, tangan dan telinga. 

Kegiatan bermain sense card sangat menyenangkan. Anak anak menjadi berpacu dalam menyampaikan apa-apa yang mereka lihat, dengar, rasa, raba dan baui. 

Ibu bapak bisa mengemas pembelajaran yang memakai sense card game ini di kegiatan pembelajaran sebagai ice breaking atau mind refreshing

Tata cara bermain sense card tergantung bagaimana bapak ibu menyajikannya. Kalau memiliki waktu yang panjang, maka bisa anak-anak diberi pemantapan teori dulu tentang alat-alat indera pada manusia. 

Dengan memajang poto alat indera di papan tulis dan menjelaskan masing masing manfaatnya. Atau disesuaikan dengan tema pembelajaran hari itu, misal organ tubuh. 

Dalam pelajaran bahasa Inggris sense card dipakai dan dimainkan untuk pemantapan anak dalam memahami materi simple present tense dan teks deskriptif, expanded  ke simple past tense dengan teks recount

Sense card yang diadaptasi dalam kegiatan pembelajaran bisa masuk ke mata pelajaran apapun dengan menyesuaikan konteks atau ruang lingkup  dari mata pelajaran itu sendiri. 

Di bawah ini adalah contoh penyajian adaptasi sense card game dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris. 

Langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan tertuang seperti di bawah ini:

1. Guru memajang poto alat indera manusia di papan tulis
2. Guru meminta anak bertanya tentang apa yang dipajang guru
3. Guru memandu anak mengkomunikasikan apa yang mereka pahami terhadap alat indera
4. Guru mengajak sama-sama anak untuk melabel (memberi nama setiap alat panca indera)
5. Guru membantu dan meluruskan pemahaman anak terhadap alat indera dan fungsinya

Contoh: "well, what for eyes do you use?, eyes for seeing and looking something, and tounge for tasting food and drink, yes..
Now,let's read together,, Nose, eyes,, tongue, hand, ear,,
Repeat after me please,,
....and their function..
Eyes for ....
Nose for..."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline