Lihat ke Halaman Asli

Intan Rosmadewi

TERVERIFIKASI

Pengajar

Sekarang Menyimpan Uang di Bank Pasti Aman Karena Ada LPS

Diperbarui: 15 September 2017   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Kompasiana

Pemerintah Indonesia mengalami jatuh bangun dalam mengelola negeri ini termasuk di  dunia industri perbankan sebagaimana pernah sama -- sama kita saksikan bahwa  pada tahun 1998 ada 16  bank dilikuidasi  karena  saat itu terjadi krisis moneter yang menghantam dunia perbankan kemudian  secara beruntun saja menyebabkan jatuhnya kepercayaan masyarakat pada semua lembaga keuangan milik negara.

Ketika itu kami rakyat Indonesia terus menyimak lewat layar kaca dan koran harian  bagaimana drama -- drama nasabah yang kecewa terhadap kejadian yang jauh dari persangkaan mereka,  dan sejak itu secara masif rakyat Indonesia kehilangan kepercayaan terhadap bank.

Iya,  siapa yang akan menyangka bakal terjadi krisis moneter yang membuat limbung para pengusaha seantero negeri ini tidak cukup waktu lima atau sepuluh tahu  untuk bangkit kembali.

Jadi 19 tahun yang lalu Pemerintah Indonesia berusaha mengatasi persoalan pelik ini dengan meluncurkan program yang dikenal dengan blanket guarantee berpegang pada payung hukum berdasar Keputusan Presiden no 26 tahun 1998 tentang Jaminan Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Umum dan Kepres Nomor 193 tentang Jaminan Terhadapat Kewajiban Pembayaran Bank Perkreditan Rakyat.

Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Umum dan Kepres Nomor 193 tentang Jaminan Terhadapat Kewajiban Pembayaran Bank Perkreditan Rakyat.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dapat terasa sejak itu ia berkiprah bersosialisasi hingga kini demi kestabilan ekonomi negara Indonesia.

Kompasiana Nangkring Bersama LPS

Kota Bandung menjadi tempat ketiga penyelenggaraan event Kompasiana Nangkring bersama LPS setelah Jakarta dan Malang,  tentu pemilihan tiga kota ini ada pertimbangan -- pertimbangan khusus. 

Tebakan penulis adalah ketiga kota ini banyak blogger aktif dan energik untuk diajak bermitra menjelaskan pada masyarakat bahwa saatnya menabung di bank tidak perlu takut terjadi apa -- apa  lagi, tidak penting khawatir dan yakin bahwa simpanan masyarakat akan aman jika memenuhui beberapa ketentuan.

Maka dari asumsi seperti ini  penulis hadir pada acara  yang telah di sounding sejak 16 / 17 Agustus yang lalu dengan tema besarnya :

"CERDAS  MENGATUR  FINANSIAL  DALAM  BERWIRAUSAHA"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline