Lihat ke Halaman Asli

Pasar Oligopoli, Pasar Monopoli, dan Pasar Monopolistik di Indonesia

Diperbarui: 9 Januari 2024   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

coconuts.co

ARTIKEL MIKRO

Nama   : Rosita Permatasari

Kelas   : Manajemen I

NIM    : 202310160311511

PASAR OLIGOPOLI,PASAR MONOPOLI,PASAR MONOPOLISTIK DI INDONESIA

(Penulis Artikel : Rosita Permatasari)

Apasih itu pasar oligopoli,pasar monopoli,dan pasar monopolistik? Oke jadi pasar oligopoli itu pasar yang di mana beberapa perusahaan besar menguasai Sebagian pangsa pasar. Sedangkan pasar monopoli yaitu kondisi di mana hanya ada satu produsen atau penjual yang mendominasi suatu industri atau pasar. Dan untuk pasar monopolistik itu sendiri adalah pasar yang di mana terdapat beberapa produsen atau penjual,tetapi setiap pelaku bisnis menawarkan produk atau jasa yang dianggap unik atau berbeda dalam beberapa aspek.

Ciri ciri dari pasar oligopoli

  • Hanya terdapat beberapa perusahaan
  • Produk bisa homogen atau terdiferensiasi
  • Hambatan masuk tinggi
  • Perlu iklan kuat
  • Saling ketergantungan

Ciri ciri dari pasar monopoli

  • Hanya satu penjual dan banyak pembeli
  • Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna
  • Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli
  • Keuntungan hanya terpusat hanya terpusat pada satu perusahaan
  • Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang

Ciri ciri dari pasar monopolistik

  • Memiliki jumlah produsen atau penjual yang sangat banyak
  • Diferensiasi produk
  • Persaingan produsen tidak berdasar pada harga
  • Kebebasan produsen baru untuk keluar dan masuk pasar
  • Perkembangan teknologi dan inovasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline