Lihat ke Halaman Asli

rosita devi

Publikasi Berita Desa

Minggu ke 5, Mahasiswa KKN Unej Berhasil Membentuk Lembaga Desa Tanggap Bencana di Desa Sumbermujur

Diperbarui: 20 Februari 2022   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Foto pribadi kegiatan pembentukan Desa Tanggap Bencana


Tematik Destana melakukan pembentukan Desa Tanggap Bencana, sebagai garis koordinasi ketika terjadinya bencana di Desa Sumbermujur khususnya Dusun Umbulsari.Desa Tanggap Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan jika terkena bencana.

Sebagai wilayah yang rawan bencana, Desa Sumbermujur khususnya Dusun Umbulsari yang lokasinya tidak jauh dari Dusun Curah Kobokan, memiliki perhatian khusus untuk membentuk masyarakat yang siap siaga dan tangguh terhadap bencana. Melihat pada kejadian erupsi yang terjadi pada akhir tahun 2021, tidak menutup kemungkinan akan terjadi erupsi susulan. Adanya Desa Tanggap Bencana dengan harapan ketika terjadi bencana meminimalisir korban atau bahkan seluruh masyarakat terselamatkan.

Pada pembentukan Desa Tanggap Bencana kami memberikan materi dasar tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Evakuasi dan SAR, serta Keamanan. Saat penyampaian materi tersebut dihadiri oleh kader Desa Tanggap Bencana, Kepala Dusun, serta beberapa Perangkat Desa. Terbentuknya Desa Tanggap Bencana dengan harapan masyarakat lebih siap siaga dan tangguh ketika terjadi bencana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline