Lihat ke Halaman Asli

rosita devi

Publikasi Berita Desa

Langkah Pertama, Mahasiswa KKN UNEJ Dusun Umbulsari Melakukan Diskusi Pembentukan Lembaga DESTANA di Desa Sumbermujur

Diperbarui: 3 Februari 2022   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Koordinasi Dengan Perwakilan Masyarakat/dokpri

Pada Minggu ke tiga kelompok 3 tematik destana melakukan kegiatan kemanusiaan dengan cara menjadi sukarelawan meringkankan tugas relawan, perangkat desa. Kami membantu dibagian logistik di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kab. Lumajang, karena sebelumnya kurang lengkap mengenai pendataan dan peletaan barang dari para donator tidak disesuaikan atau tidak dipisahakan sesuai dengan jenisnya, maka kami melakukan pendataan ulang barang-barang tersebut, dan melakukan pemisahan barang-barang sesuai dengan jenisnya. Pada bagian logistik ini kami melakukan kegiatan dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00. 

Pada minggu ke tig akita juga melakukan jaga depot air yang terletak pada posko lapangan Penanggal. Tugas dari depot air ini adalah mengisi ulang air untuk para penyintas yang mengungsi di posko lapangan penanggal semisal mengisi ulang air hangat, teh hangat dan juga menyediakan gula, kopi jika itu hapis. 

Ada juga kegiatan tematik destana yang dilakukan pada minggu ketiga yaitu berkolaborasi membantu tematik kesehatan (Stunting dan Sanitasi) memasang plang himbauan untuk menjaga aliran sungai yang sering digunakan warga untuk mencuci baju, mencuci piring, mandi, bahkan buang air besar juga aliran sungai tersebut. 

Kami juga tetap melanjutkan pengajaran pada TK darurat yang pada minggu-minggu sebelumnya telah berlangsung. Ada Juga kegiatan yang kita lakukan melakukan koordinasi dan pembahasan mengenai pembentukan Lembaga Destana yang berkolaborasi dengan kelompok yang ada pada desa Sumbermujur. 

Hasil dari koordinasi tersebut adalah menentukan jumlah warga yang harus diikutkan dalam kelembagaan destana yaitu sebanyak 5 warga disetiap dusun yang kemudian nantinya akan menjadi perwakilan dari dusun tersebut. Sangat banyaknya kegiatn yang kami lakukan kami tidak merasa terbebanani dan tidak mengeluh sama sekali bahkan kita melakukannya dengan sangat ihklas karena ini merupakan panggilan jiwa untuk membantu sesama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline