Lihat ke Halaman Asli

Rosini

Mahasiswa

Pentingnya layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan peserta didik di sekolah dasar

Diperbarui: 15 Juni 2024   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel
Pendahuluan
Pendidikan di jenjang dasar adalah suatu bentuk usaha untuk mencerdaskan dan mencetak penerus bangsa yang ideal sesuai harapan. Seperti yang kita ketahui fondasi dari kemajuan suatu bangsa adalah dengan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas sangat
 berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan manusia. Perkembangan setiap individu tentu saja berbeda satu dengan lainnya, dan hal ini dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor bawaan sejak lahir, faktor lingkungan sekitar, atau bahkan dari keduanya. Jika dilihat dari lingkungannya maka dalam perkembangan kemampuan seseorang di dunia pendidikan salah satunya adalah lingkungan sekolah itu sendiri. Pada era sekarang ini, problematika peserta didik di sekolah semakin beragam akibat dari kemajuan teknologi dan didukung juga oleh masa pubertas peserta didik yang lebih cepat dari generasi sebelumnya yang
 kemudian akan dengan mudah
mempengaruhi karakter dan potensi mereka. Dari berbagai keadaan tersebutlah seringkali kita mendapati permasalahan peserta didik di SD seperti malas belajar atau kurang motivasi belajar, ketidakstabilan emosi, sulit bergaul dengan teman lain, pembulian, bertengkar, kurangnya rasa percaya diri, dan lain-lain.

Pembahasan
Layanan bimbingan dapat maksimal diberikan kepada peserta didik apabila dilakukan oleh tenaga ahli atau guru yang berpendidikan sebagai konselor atau guru BK. Khususnya pada jenjang sekolah dasar saat ini dirasakan sangat dibutuhkan guru BK, untuk membantu mengentaskan permasalahan peserta didik yang semakin meningkat, dan perlunya memberikan layanan secara komprehensif bagi peserta didik agar mampu berkembang sesuai dengan tahapannya, agar dapat memahami karakteristik kebutuhan peserta didik dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah guru tersebut tentunya harus memiliki pemahaman dan keahlian terlebih dahulu terkait dengan permasalahan yang ada pada BK untuk itulah diperlukan pendidikan khusus.
Bimbingan dan konseling di sekolah sangat dibutuhkan agar membantu peserta didik memahami dirinya, mengenali permasalahan yang dialami, hingga mampu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya dengan demikian peserta didik dapat menjadi pribadi yang mandiri dan dapat berkembang ke arah yang lebih baik.
Pada umumnya di sekolah dasar tidak memiliki guru bimbingan dan konseling, guru kelas lah yang berperan ganda sekaligus sebagai guru BK. sehingga yang sering terjadi adalah ketidakmaksimalan dalam membantu memberikan bimbingan serta layanan untuk peserta didik. Dimana pada masa ini peserta didik berada pada tahap masa anak-anak dan memasuki masa remaja awal yang memiliki tugas perkembangan cukup kompleks dan mendasar. Mereka sangat membutuhkan bantuan serta bimbingan tidak hanya dari guru kelas, melainkan juga membutuhkan guru BK yang memiliki kompetensi khusus dalam ke-BK-an, selain itu diperlukan juga keterlibatan orang tua untuk saling bersinergi dalam mendampingi dan mengembangkan peserta didik. Agar mereka mampu menyelesaikan tugas perkembangannya dengan tuntas.

Kesimpulan
Pada umumnya di sekolah dasar tidak memiliki guru bimbingan dan konseling, guru kelaslah yang berperan ganda sekaligus sebagai guru BK. sehingga yang sering terjadi adalah ketidakmaksimalan dalam membantu memberikan bimbingan serta layanan untuk peserta didik. Agar peserta didik mampu menyelesaikan tugas perkembangannya dengan baik maka diperlukan peranan guru bimbingan dan
 konseling yang bersinergi dengan guru kelas yang tetap ambil bagian dalam melaksanakan layanan bimbingan bagi peserta didik juga berkolaborasi dengan orang tua agar bimbingan yang diberikan dapat terus berkesinambungan baik di sekolah maupun di rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline