Lihat ke Halaman Asli

Kita Lebih Pilih Membeli Gengsi Daripada Fungsi

Diperbarui: 21 Juni 2017   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: http://messagewrap.com

Pemandangan kasat mata di hampir setiap aktivitas sehari-hari dihadapan kita, baik di tempat-tempat umum, di sudut-sudut jalanan strategis atau tempat keramaian selalu tersuguh sajian informasi berupa iklan dalam berbagai jenis, bentuk dan ukurannya. Baik iklan yang disajikan secara konvensional maupun iklan yang sudah berteknologi elektronik/digital akan selalu tertatap mata. Bahkan di dunia online pun jangan kaget bilamana seketika tampil iklan, termasuk iklan yang bersifat personal tiba-tiba muncul di layar gadget kita.

Demikian halnya promo berbagai produk menjelang momentum lebaran di media massa, media online maupun dalam bentuk lainnya terasa sangat menggejala alias semakin gencar dilakukan dimana-mana. Promo atau lengkapnya promosi disini dimaksud sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh lembaga ekonomi atau perusahaan yang umumnya berorientasikan pada pengenalan dan mengkomunikasikan produk yang pada gilirannya diharap mendatangkan profit.

Di satu sisi kehadiran iklan memang diperlukan karena supaya calon pembeli mendapatkan informasi awal tentang produk, keunggulan produk, spesifikasi, deskripsi produk lainnya hingga soal harga/pembayaran yang juga turut dicantumkan. Pendek kata, iklan seringkali menampilkan kata-kata singkat padat, gambar menarik, dikemas secara persuasif supaya konsumen/calon pembeli menjadi terpikat.

 Akan tetapi pada sisi lain, kehadiran iklan bisa jadi atau kadang dapat mengganggu, terutama bagi mereka yang tidak memiliki minat maupun kepentingan terhadap produk yang diklankan. Lebih memprihatinkan lagi kalau iklan ditampilkan di tempat-tempat/ruang publik atau di kawasan fasilitas umum, pastinya sangat mengganggu misalnya menghalangi rambu-rambu lalulintas jalan dan sebagainya.

Hal demikian mengingatkan penulis bahwa dalam dunia ilmu komunikasi  pernah disebutkan Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya berjudul Psikologi Komunikasi menyebutkan  adanya dampak-dampak atau efek atas kehadiran media, baik berupa efek secara fisik maupun efek atas terpaan pesan (kognitif, afektif, dan behavioral). Efek kognitif terjadi bila ada perubahan apa yang diketahui, dipahami, dipersepsi, berkait dengan transmisi pengetahuan. Efek afektif timbul bila ada perubahan terhadap apa yang dirasakan, disenangi atau dibenci. Efek behavioral merujuk pada perilaku nyata, menerima pesan dan mendukung untuk melakukannya (Rakhmat, 2007:219).

Berkait paparan di atas, selanjutnya perlu kita pertanyaan: apakah kita mudah terpengaruh atas kehadiran informasi seperti gencarnya iklan-iklan dari berbagai produk yang hampir setiap hari, setiap saat terpampang dan hadir dihadapan kita?

Bagi mereka yang tidak menyadari mungkin saja apa yang secara gencar di-iklankan segera ingin membelinya, yang penting ada duit -- langsung berupaya untuk memiliki atau mengkonsumsi produk yang ditawarkan melalui iklan. Namun ada juga yang lebih cermat atau cerdas dalam memahami kehadiran iklan yang kian hari terus "menggempur" waktu dan ruang kita. Itu semua adalah pilihan dalam menjalani kehidupan masa kini , tidak layak untuk menghalangi terhadap siapapun.

Hanya saja kalau boleh penulis memilih, mungkin di era kekinian yang semuanya mengacu pada globalisasi (baca: liberalisasi ekonomi) ada kalanya kita tetap dan selalu berpikiran kritis dalam mengambil sikap dan berkeputusan. Beragam produk diciptakan dan persaingan usaha semakin ketat untuk merebut pangsa pasar. Termasuk kehadiran pesan melalui iklan-iklan yang disampaikan melalui berbagai media komunikasi merupakan salah satu kiat perusahaan untuk menggaet pembeli.   

Belakangan ini nampak bahwa persaingan produk dengan tampilan iklannya yang cenderung juga bersaing untuk merebut konsumen. Bahkan ada yang menyebutkan diskon harga hingga 50 persen lebih. Beli 1 (satu) produk dapat membawa pulang 2 (dua) produk yang ditawarkan. Pengumpulan poin dapat ditukarkan sebagai reward, setiap pembelian dalam jumlah tertentu dapat mengikuti undian berhadiah, dan iming-iming menarik lainnya sebagai daya pikat.

Sehubungan hal tersebut, sebaiknya kita perlu bersikap bijak. Membijaki gencarnya iklan berarti pula apapun informasi yang menerpa bisa kita terima namun perlu disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kepentingan yang ada dalam setiap pribadi atau keluarga sendiri. Langkah ini menunjukkan pula bahwa kita masih perduli akan lingkungan internal rumah tangga.

Membeli fungsi, bukan membeli gengsi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline