Lihat ke Halaman Asli

Rosika Pertiwi Hermansyah

Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN-T UPI Mengajak Masyarakat Kelurahan Sawahgede untuk Menjaga Kebersihan Air di Lingkungan Setempat

Diperbarui: 9 Agustus 2022   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Mahasiswa KKN-T Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan program yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan dan lingkungan bersih di Kelurahan Sawahgede. 

Program ini terselenggara melalui kegiatan penyebaran poster baik secara langsung serta melalui sosial media. Program yang dilaksanakan pada 18 Juli 2022 ini dilaksanakan mengingat pentingnya pemanfaatan air bersih dilingkungan masyarakat. 

Karena berdasarkan wawancara serta keikutsertaan mahasiswa dalam sosialisasi yang diadakan oleh pihak puskesmas didapatkan data bahwa hampir 50% sumur tanah yang terdapat di Cianjur ini sudah terkontaminasi oleh bakteri Escherichia coli atau e coli. Yang mana bakteri ini merupakan bakteri yang terdapat dalam kotoran manusia dan tentunya berbahaya bagi manusia. 

Tentu saja dengan adanya penemuan tersebut maka hal ini menjadi fokus tersendiri bagi pemerintah serta masyarakat terkait khususnya masyarakat dan pemerintah dikelurahan Sawahgede. 

Di paparkan pula oleh salah seorang tenaga kesehatan dan lingkungan dari pihak puskesmas yang menyatakan bahwa air ini sangat penting bagi kehidupan manusia karena hampir 90% badan manusia membutuhkan air. 

Oleh karena itu kampanye terkait dengan air bersih serta pemanfaatannya harus lebih difokuskan agar dapat menjadi kesadaran tersendiri di lingkungan masyarakat khususnya di kelurahan Sawahgede.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Menindaklanjuti hal tersebut maka pihak kelurahan serta puskesmas bersama-sama mengadakan suatu kegiatan yakni Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

Salah kegiatan yang dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat salah satunya di RW 01 Kelurahan Sawahgede yang dilaksanakan pada 02 Agustus 2022. 

Selain di hadiri oleh staff kelurahan, tenaga kesehatan dari puskemas setempat serta masyarakat, acara ini juga di hadiri oleh beberapa perwakilan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melakukan KKN dikelurahan Sawahgede. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline