Lihat ke Halaman Asli

Rosika Pertiwi Hermansyah

Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN-T UPI Kelompok 114 Melakukan Pendampingan UMKM dalam Memasarkan Produk melalui Platform Digital

Diperbarui: 9 Agustus 2022   06:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Era revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan masuknya teknologi digital di berbagai aspek kehidupan, termasuk kepada aspek bisnis. Dapat kita lihat dan rasakan saat ini media pemasaran suatu produk beralih ke digital marketing, hal tersebut, dapat memberikan dampak positif kepada para pelaku usaha karena semakin mudah dalam memasarkan produknya.

Sebelumnya, dapat kita ketahui bahwa platform digital adalah tempat untuk mempromosikan produk maupun jasa. Contoh dari platform digital adalah e-commerce, website, instagram, facebook, tiktok dan lain-lain.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Dari hasil wawancara, bentuk promosi dan pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sawahgede masih bersifat konvensional, dimana produk dikirim ke pasar atau konsumen secara langsung. Selain itu, ada juga yang sudah mempromosikan produk melalui platform digital yaitu melalui media sosial facebook namun masih menggunakan akun pribadi.

Pelaku UMKM di Kelurahan Sawahgede yang kami temui tidak melibatkan banyak sumber daya manusia ada yang melibatkan keluarganya saja dalam memproduksi suatu produk dan ada juga yang memiliki karyawan sebanyak tiga orang. Salah satu UMKM di Kelurahan Sawahgede pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat berupa alat untuk memproduksi produk.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Menurut Adrian sebagai salah satu pelaku UMKM di Kelurahan Sawahgede juga  menyampaikan kendala dalam usahanya dibidang telur asin yaitu bahan pokok telur yang kadang susah di dapatkan dan kendala dalam kemasan produk untuk pengiriman ke luar kota sedangkan menurut Turino sebagai salah satu pelaku UMKM di Kelurahan Sawahgede yang usahanya bergerak di bidang roti menyatakan bahwa kendala dalam menjalankan UMKM nya yaitu market nya belum besar sehingga pemasaran produk hanya dipasarkan ke pelanggan tetap atau konsumen yang memesan langsung ke rumah.

Sumber: Dokumen Pribadi 2022

Maka dari itu, mahasiswa KKN-T Universitas Pendidikan Indonesia membantu salah satu UMKM yang ada di Kelurahan Sawahgede untuk mempromosikan produk melalui platform digital yaitu berupa poster yang dapat di share di media sosial.

Pemasaran produk melalui platform digital dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk di era yang semakin modern, karena platform digital mencakup masyarakat yang luas tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga dapat menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat, biaya untuk digital marketing jauh lebih murah, melalui platform digital juga memberikan kesempatan yang luas bagi para pelaku UMKM untuk branding produknya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline