Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNNES Giat 6 Latih Siswa MI At Thohiriyyah Ngampel Blora Membuat Batik Shibori

Diperbarui: 26 November 2023   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN UNNES GIAT 6 DESA NGAMPEL/dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Desa Ngampel Kec/ Kab Blora, Jawa Tengah memberikan pelatihan pembuatan batik shibori bagi anak MI At Thohiriyyah Blora.

Dalam kegiatan pelatihan yang kami laksanakan pada hari Sabtu, 25/11/2023 sasaran yang paling utama adalah peserta didik kelas 5 MI At Thohiriyyah Blora. Dengan diadakannya pelatihan ini Tim KKN berharap dapat memberikan ilmu keterampilan baru atau wawasan untuk siswa/i MI dan menjadi hal yang bermanfaat bagi siswa/i MI tersebut.

Pelatihan pembuatan batik shibori ini terbagi menjadi 2 tahap, untuk tahapan pertama Tim KKN memberikan pemaparan materi terkait pengenalan batik shibori itu sendiri lalu dilanjutkan pemaparan tentang teknik yang akan digunakan untuk membuat batik shibori.

Setelah itu untuk tahap kedua, Tim KKN beserta siswa/i didampingi oleh guru melakukan praktik pembuatan batik shibori. Pada pelatihan ini, Tim KKN  memberikan contoh pembuatan batik shibori yang sederhana yakni memakai teknik itajime dan kanoko shibori yang mana teknik tersebut hanya membutuhkan beberapa bahan seperti karet atau beberapa utas benang yang berfungsi untuk mengikat bagian kain, lalu kain diikat untuk memberikan pola akan memasuki tahap pewarnaan yang mana kain akan dicelupkan pada cairan pewarna sesuai selera. Setelah kain diwarnai, maka didiamkan selama 10 menit lalu dijemur ditempat yang tidak terlalu panas hingga kain mengering dan kain batik Shibori sudah jadi dengan corak yang beragam.

"Harapannya dengan adanya pelatihan pembuatan batik shibori yang baru dilakukan pertama kali di MI ini dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dan hasil pelatihan berupa batik tersebut menjadi kenangan tersendiri dari Tim KKN Unnes untuk MI At Thohiriyyah" ucap Ibu Wiwin selaku wali kelas 5 MI At Thohiriyyah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline