Oleh : Rosiani Putri Lestari 1) dan Junianto 2).
1. Mahasiswa Program Studi Perikanan UNPAD,
2. Dosen Program Studi Perikanan UNPAD.
Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak peminatnya dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Produk olahan ikan terus berkembang dari tahun ke tahun searah dengan mengikuti zaman. Kalangan remaja di Indonesia memiliki minat yang kurang dalam mengkonsumsi produk olahan ikan. Hadirlah inovasi baru makanan kekinian ini yaitu "Ikan Dori Crispy" yang memiliki target pasar remaja.
Ikan Dori Crispy ini merupakan produk perikanan yang berasal dari fillet daging ikan dori. Daging ikan dori ini berwarna putih bersih dengan tesktur daging yang lembut dan memiliki rasa gurih. Harga yang ditawarkan oleh penjual dalam menjual ikan dori crispy ini dikisaran antara 19.000 hingga 150.000. Penjual ikan dori crispy hingga saat ini sudah mulai berkembang dengan ciri khas yang berbeda-beda.
Ikan dori crispy ini memiliki keberagaman dalam segi penampakan dari lapisan kulit yang crispy, topping nya dan yang paling penting itu rasa. Penggunaan bahan baku dalam proses pembuatan ikan dori crispy seperti fillet ikan dori yang banyak diperjual belikan di supermarket, tepung terigu, air, soda kue, dan ditambahkan rempah-rempah serta penambah rasa.
Proses pembuatan ikan dori crispy ini cukup mudah dengan mencampurkan semua bahan kering, selanjutnya fillet ikan dori dimasukkan ke bahan kering tadi lalu dimasukkan kedalam mangkuk yang berisi air, lakukan pengulangan itu hingga sesuai keinginan yang dapat menentukan tingkatan crispynya ikan.
Penggunaan ikan dori ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi. Kandungan yang terdapat di Ikan Dori yaitu asam lemak tak jenuh (omega-3) DHA dan EPA, yodium, zat besi, magnesium, taurim, selenium, dan masih banyak lagi. Selain itu, ikan dori juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi lemak tak jenuh dari oksidasi sebelum maupun sesudah pencernaan.
Pengolahan produk hasil perikanan ikan dori crispy ini dapat dijadikan pilihan bagi masyarakat yang bosan dengan produk olahan ikan. Produk ikan dori crispy ini dapat disukai oleh masyarakat luas apabila dilakukan dengan strategi pemasaran yang efektif dan dapat menentukan target pasar yang tepat.
Strategi bisnis yang dapat dilakukan diera zaman digital ini yaitu dengan memanfaatkan media sosial dalam proses memperkenalkan produk dengan menarik dan dapat memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan dengan mendaftarkan merchant tersebut ke aplikasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H