Lihat ke Halaman Asli

Nguri-Nguri Budaya Menulis Aksara Jawa Pada Anak-Anak Desa Jurangagung

Diperbarui: 15 Agustus 2024   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokumentasi pribadi

Semarang, 30 Juli 2024. Daerah Jawa memiliki banyak sekali budaya di dalamnya. Terutama budaya menulis aksara Jawa yang sudah ada ratusan tahun lalu. Budaya menulis aksara Jawa ini semakin sedikit yang bisa menuliskannya. Bahkan tidak sedikit orang dewasa yang tidak bisa menggunakan aksara Jawa ini, karena kesulitannya untuk menghafal huruf-hurufnya.

Pelatihan menulis aksara Jawa ini dilakukan kepada anak-anak desa Jurangagung. Antusias mereka sangat tinggi dan banyak anak yang datang ke posko untuk belajar aksara Jawa. Pelatihan ini dilakukan guna untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang huruf-huruf Jawa. Melatih menulis aksara Jawa ini tida mudah karena mereka benar-benar masih kesulitan untuk menuliskan hurufnya.

Pembelajaran aksara Jawa ini menurut mereka salah satu menjadi kendala dalam materi Bahasa Jawa, karena kesulitan yang mereka alami tidak hanya dalam menghafalkan hurufnya saja. Namun dalam menuliskan huruf aksara Jawa ini juga butuh keterampilannya. Pada pelatihan ini diharapkan dapat membantu melestarikan budaya Jawa dan membantu anak-anak desa Jurangagung untuk lebih semangat dalam belajar bahasa Jawa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline