Lihat ke Halaman Asli

Rosiana Mufliva

Dosen di Prodi PGSD FIP UPI

Prodi PGSD Menguatkan Literasi Numerasi Melalui Diseminasi Media dan Platform Pembelajaran di SD

Diperbarui: 8 Agustus 2023   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Bandung, 28 Juli 2023, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kuningan dengan tema "Diseminasi Penggunaan Media dan Platform Pembelajaran Penguatan Literasi Numerasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar" yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.


Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 112 peserta yang berasal dari unsur peserta sebanyak 99 orang, panitia dan narasumber dari UPI 9 orang serta panitia dari PGRI Kabupaten Kuningan 4 orang. Kegiatan ini dipandu oleh MC Hartati Ramdhany Pasya, mahasiswa PGSD FIP UPI angkatan 2019. Kegiatan mulai pada jam 08.00 WIB dengan salam, sapa, dibuka dengan  "Basmallah" dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Willy Resminawati, mahasiswa PGSD angkatan 2019 dan sambutan dari Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, Ibu Rosiana Mufliva, M.Pd, dalam sambutannnya pada saat mengawali kegiatan PkM ini disampaikan bahwa,  "...tujuan utama kegiatan PkM ini adalah menambah wawasan para guru supaya mandiri dalam menyusun media pembelajaran berorientasi platform penguatan literasi numerasi di SD sebagai bentuk inovasi dalam upaya penguatan literasi dan numerasi siswa SD".

Dokumen Pribadi

Selanjutnya adalah kegiatan pematerian dari lima narasumber hebat yang dipandu oleh moderator Ibu Dr.Rina Heryani, M.Pd. Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara panel yang diawali dengan pemaparan dari narasumber pertama yaitu Prof. Tatat Hartati, M.Ed, Ph.D. mengenai "Hakikat Media Pembelajaran Literasi di SD".

Dokumen Pribadi

Materi yang disampaikan Oleh Prof.Tatat Hartati, M.Ed, Ph.D adalah mengenai gambaran pelaksanaan pembelajaran literasi di Sekolah Dasar dan contoh media pembelajaran literasi non digital yang disebut edukit yang merupakan wadah yang dibuat dari bahan bekas yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan media-media pembelajaran literasi bahasa seperti bigbook, LKPD dan sebagainya.
Pematerian yang kedua adalah mengenai "Penggunaan Media Pembelajaran Literasi Bahasa di SD" oleh Bapak Dwi Heryanto, M.Pd. yang berfokus kepada pengenalan secara detail mengenai jenis-jenis media pembelajaran penguatan literasi bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Dokumen Pribadi

Pematerian yang ketiga adalah mengenai "Penggunaan Media Pembelajaran dan Platform Literasi Bahasa Inggris di SD" oleh Ibu Dra. Effy Mulyasari, M.Pd. yang berfokus kepada jenis-jenis media pembelajaran, aktivitas, platform dan lagu-lagu bahasa Inggris di SD. Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif dan guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan pematerian pada sesi ini.

Dokumen Pribadi

Pematerian yang keempat adalah mengenai "Penggunaan Media Pembelajaran dan Platform Literasi Numerasi di SD" oleh Ibu Rosiana Mufliva, M.Pd. yang berfokus kepada jenis-jenis media pembelajaran penguatan literasi numerasi di SD, pengenalan platform literacycloud.org, coloringsquared.com dan phet.colorado.edu. Selain pemaparan, pada sesi ini pemateri juga berinteraksi dengan peserta secara interaktif dan guru-guru sangat antusias menjawab setiap stimulus yang diberikan.

Dokumen Pribadi

Pematerian terakhir adalah mengenai "Penggunaan Media Pembelajaran dan Platform Literasi Sains di SD" oleh Ibu Izzah Muyassaroh, M.Pd. yang berfokus kepada jenis-jenis media pembelajaran penguatan literasi sains di SD dan ethnosains.Kegiatan berikutnya adalah sesi tanya jawab bersama pemateri yang dipandu oleh moderator.

Dokumen Pribadi

Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan pemberian ice breaking oleh MC dan dilanjutkan dengan penutupan dan foto bersama.

Dokumen Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline