Lihat ke Halaman Asli

Rosi ElsaHandayani

masih belajar

Peranan Perempuan di Masa Pandemi

Diperbarui: 27 April 2022   09:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Peranan perempuan diranah kehidupan saat masa pandemi menuai banyak kontrafersi yang beragam, hal ini terlihat jelas akibat dari susah nya mendapatkan kesempatan dalam berkerja, hingga polemik rumah tangga yang mengklaim perempuan harus tanggung dan hebat dalam menjalankan tugas serta kehidupan,namun hal itu  menjadikan banyak perempuan yang kehilangan kesempatan pekerjaan akibat dari keberlangsungan Pandemi yang panjang, harus jeli dalam mencari kesempatan kerja.

Perempuan di masa kini di harapkan bisa berkarier sesuai begron yang ia miliki namun pandangan terhadap begron yang ia miliki tidak sesuai dengan harapan yang di peroleh, ujung-ujungnya perempuan tersebut tidak memiliki kesempatan dalam karirnya.

Kontrafersi seperti itu menjadi momok dalam kehidupan sehari-hari di masa Pandemi naas kesempatan untuk memiliki suatu pekerjaan haruslah bersaing dengan Ribuan orang dalam memperoleh profesi yang di harapkan.

Disisi lai peranan perempuan sebagai ibu rumah tangga di kala Pandemi tidak begi berkembang akibat dari kemerosotan pendapatan dan kurangnya mendapatkan kesempatan berkerja, sementara itu kebutuhan berbanding terbalik dengan realitas yang ada pada masa Pandemi, barang-barang pokok dan sembako drastis harganya ikut melonjak tidak sesuai harapan.

Pengaruh Pandemi memberi banyak pelajaran terhadap dunia karir dan pekerjaan bagi perempuan, di bandingkan degan tahun-tahun sebelumnya pergerakan perempuan sudah mulai berkembang, hanyalah pergerakan tersebut sudah bergerak sedikit demi sedikit. Gerakan perempuan yang di suarakan oleh R.A Kartini dalam bukunya yang berjudul " Habislah Gelap Terbitlah Terang" memberi motivasi dan harapan terhadap perempuan generasi selanjutnya.

Hak-hak dan pengakuan terhadap perempuan masih belum stabil sehingga kesetaraan gender yang dimiliki oleh perempuan sering tertindas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline