Lihat ke Halaman Asli

Partisipasi Mahasiswa KKN RDR 75 UINWS dalam kegiatan Posyandu

Diperbarui: 14 November 2020   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membantu mengisi buku KMS

Kegiatan ikut serta mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah Angkatan 75 ini dilakukan guna memenuhi Program Kerja KKN RDR 75. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Jrebeng Wetan RT04/RW01 Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo.

Lokasi dilaksanakannya Posyandu adalah di kediaman Ketua RT04 yakni Bapak Suhud. Yang mana kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan setiap tanggal 15 pukul 08.00 hingga selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh para balita beserta orang tua atau sanak saudaranya dan juga ibu hamil. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat posyandu adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, imunisasi, dan pembagian makanan sehat bagi masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan posyandu.

Kegiatan posyandu dilakukan untuk mengecek perkembangan tiap balita dan ibu hamil agar dapat mengetahui kondisinya dan juga untuk memberi pelayanan kesehatan lainnya sesuai kebutuhan masing masing balita dan ibu hamil.

Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang ikut serta membantu mengisi data di buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Kartu Menuju Sehat (KMS) adalah catatan grafik perkembangan anak yang diukur berdasarkan umur, berat badan dan jenis kelamin. Yang bertujuan untuk mengetahui status gizi bayi dan balita.

Namun, mengingat masa pandemi seperti saat ini, kegiatan posyandu di desa Jrebeng Wetan belum bisa dilaksanakan seperti biasa. Metode pelaksanaan kegiatan posyandu di desa Jrebeng Wetan dirubah selama masa pandemi. Perubahannya yakni kegiatan posyandu tidak lagi dilakukan di rumah pak suhud, melainkan dilaksanakan dengan cara mengunjungi tiap rumah balita dan ibu hamil  guna menghindari kerumunan agar dapat mengurangi angka positif covid19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline