Lihat ke Halaman Asli

Mindset is Everything

Diperbarui: 11 November 2020   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pinterest (https://pin.it/2qX3VXM)

Percaya atau tidak kehidupan ini berjalan sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Kita harus benar benar pandai memilah dan memilih hal yang kita inginkan dan hal yang kita pikirkan. Karena apa yang kita pikirkan itulah yang akan kita dapatkan. Ketika kita berpikir posistif tentang suatu hal maka hal itu akan berjalan dengan lancar. Pandai pandailah bersyukur dan kurangi mengeluh.

Contoh dalam pendidikan adalah ketika kita hendak belajar maka kita harus berpikir bahwa pelajaran itu mudah maka kita dapat dengan mudah memahami pelajaran tersebut. Dan juga ketika kita hendak membaca buku pelajaran yang tebal maka anggaplah buku itu tipis karena ketika kita menganggap buku itu tebal dan terlalu banyak halamannya jangankan membaca, membukanya saja kita enggan. Beda dengan ketika kita berpikir bahwa buku itu tipis maka setidaknya kita mau mencoba membuka dan membacanya.

Contoh dalam kehidupan adalah ketika kita memiliki masalah maka berpikirlah bahwa kita pasti bisa dapat menyelesaikan masalah itu sesuai dengan firman Allah QS. Al Baqarah ayat 286 yang artinya "Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas mampunya". Nah dari situ kita dapat memulai untuk selalu berpikir positif disetiap keadaan, mau seberat dan sesuah apapun keadaan itu sebaiknya kita tetap berpikir positif dan percaya bahwa kita pasti dapat melewatinya dengan mudah.

Mulailah menjalani hari dengan penuh bersyukur, ikhlas, dan dengan pikiran yang terbuka. Jika harimu buruk, maka carilah beberapa hal kecil lain yang bisa disyukuri sambil berpikir bahwa setiap keburukan pasti ada kebaikan yang akan terjadi dan dalam setiap keburukan pasti ada pelajaran yang bisa diambil. Jika harimu berjalan dengan baik tambahlah rasa syukurmu kepada tuhan. Ya, sesederhana itu kehidupan jika kita selalu berfikir positif. Bahagia atau sedih itu tergantung pada bagaimana diri kita menanggapi setiap kejadian atau permasalahan.

Mari kita mulai mengubah mindset untuk selalu berpikir positif agar dapat menjalani hidup dengan damai, tentram, dan bahagia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline