Lihat ke Halaman Asli

Roselina Tjiptadinata

TERVERIFIKASI

Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Ditelepon Berkali-kali Tidak Dijawab? Jangan Terburu Emosi

Diperbarui: 28 Januari 2020   04:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi : shutterstockphotos.com

Karena Hanya Akan Merusak Hubungan Baik

Setiap kali kita menelepon seseorang, tentu saja kita berharap agar telepon segera dijawab Entah hal tersebut menyangkut sesuatu yang perlu kita  tanyakan ataupun ada hal penting yang perlu disampaikan  dan  sebagainya.

Tapi sering kali yang terjadi justru sebaliknya,yakni  telepon tidak dijawab atau mendengarkan jawaban yang menyebalkan dari komputer yang berbunyi:  "Maaf,telepon yang anda tuju,sementara tidak bisa dihubungi". Atau nada lain yang tak kurang menyebabkan kita kecewa adalah: "Maaf telepon yang anda tuju, sedang tidak aktif." 

Kalau menelpon dari Australia maka suara komputer menjawab :"The number you are calling is not engaged " ,nomor yang anda panggil tidak menjawab. Bukan hanya sekali, tapi kerap kali tidak dijawab, kenapa demikian? Tanpa sadar, pikiran kita tergoda untuk menyangka hal hal yang bersifat negatif, misalnya: "Jangan jangan, orang yang dihubungi tidak mau diganggu atau tidak ingin menerima panggilan dari kita." dan seterusnya. Bahkan mungkin masih ditambah dengan mengerutu:" Padahal ditelepon untuk kepentingan dirinya,tapi tidak dijawab? "

Prasangka Negatif

Bila prasangka negatif ini, kita biarkan berlarut larut dalam pikiran dan hati, maka tanpa sadar ,kita telah menciptakan jarak antara kita dengan teman atau sanak famili yang kita anggap sering tidak mau menjawab telepon kita. 

KIta terus berprasangka yang negatif,kalau kalau orang yang kita hubungi tidak mau diganggu atau sebaliknya orang tersebut sengaja tidak mengangkat telpon.,karena tidak mau berkomunikasi dengan kita Tapi sesungguhnya,bila kita mampu berpikiran jernih dan berlapang hati,maka prasangka negatif tersebut ,bisa kita ubah menjadi pikiran yang positif. 

Karena bisa jadi ,orang yang ditelepon sedang :

  • di lokasi yang tidak ada signal
  • mengemudikan kendaraan
  • berada di Rumah Sakit
  • mengajar
  • mandi
  • dan sebagainya

Mungkin Saja Tanpa Sadar Kita Pernah Melakukan Hal Yang Sama

Kita coba  ingat ingat, jangan jangan secara tanpa sadar ,hal ini pernah terjadi ketika orang lain yang menelepon kita ? Lihat dulu jam berapa kita menelepon,apakah  yang ditelepon berada di negara yang  sama  dengan kita? 

Apakah tidak mungkin yang dituju,tinggal di negara berbeda? Misalnya kita menelepon ke Australia,kalau di Perth beda jam hanya 1 jam dari Jakarta,jadi tidak masalah ,tapi kalau di NSW ketika musim panas, perbedaan waktu antara New South Wales, dengan Jakarta 4 jam, sedangkan musim dimgin 3 jam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline