Lihat ke Halaman Asli

Roselina Tjiptadinata

TERVERIFIKASI

Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Menjelajahi Keunikan Bazar Terbesar Western Australia Day di Burswood

Diperbarui: 6 Juni 2019   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Western Australia Day tahun 2019 ini diadakan di Burswood| Dokumentas Roselina

WA-Day is Public Holiday
Khusus untuk negara Australia Barat, tanggal 3 Juni 2019 yang merupakan WA-Day dinyatakan sebagai Hari Libur. Sejak dari seminggu lalu sudah tampak berbagai kesibukan di wilayah Burswood hingga sampai ke tepi Swan River. 

Kalau hanya sekadar perayaan yang bersifat lokal, biasanya langsung terbuka untuk umum. Tetapi kali ini seluruh lokasi tersebut dipagar dan ada tulisan "work in progress".

Ternyata baru tahu bahwa seluruh persiapan tersebut adalah untuk merayakan WA Day 2019 yang kali ini dipusatkan secara besar-besaran di lokasi Burswood yang berdampingan dengan Victoria Park.

Perayaan hari WA dirayakan semenjak tanggal 31 Mei sampai hari puncaknya 3 Juni 2019. Perayaan ini diadakan juga di Fremantle Kalgoolrie, Albanny, dan Perth. Karena penduduk Australia yang datang ke WA kebanyakan bermukim di sekitar Perth, maka yang terbesar acaranya diadakan di lapangan Burswood. 

Suasana WA Day 2019| Dokumentasi Roselina

Acara yang diadakan 
Semua warga, boleh ikut serta berperan secara aktif dalam perayaan ini tanpa harus membayar apapun. Caranya antara lain mendirikan tenda-tenda untuk berjualan makanan dan minuman, tapi ditekankan agar harganya terjangkau oleh seluruh warga, karena kegiatan bazar ini bukan untuk mengeruk keuntungan, melainkan semata-mata agar warga Australia Barat khususnya yang domisili di sekitar Perth dapat merayakan bersama keluarga.

Sejak melangkah keluar dari tempat parkir, kami menyaksikan ribuan warga mulai berdatangan ke lokasi. Gerbang masuk didekorasi dengan balon raksasa yang melambangkan Black Swan yang indah. Dan dalam setiap acara yang melihatkan orang banyak, standar yang berlaku disini adalah adanya kendaraan Polisi, ambulance, dan tenda lost and found.

Ambulance Menyediakan Cream Secara Gratis
Ternyata fungsi kendaraan ambulance St.John disini tidak hanya in case of emergency saja, melainkan juga menyediakan krim untuk digosokan ke wajah dan ke tangan dan semuanya disediakan secara gratis. 

Ambulance ini paling ramai dikunjungi anak-anak dan kaum wanita. Karena walaupun sudah memasuki awal musim dingin, namun sinar matahari di siang itu bagi warga Australia dirasa masih cukup panas.

Kendaraan Polisi yang terparkir di sana juga sekaligus berfungsi sebagai posko, terutama apabila ada hal-hal yang perlu ditangani, termasuk bilamana ada anak yang hilang, Adapun petugas yang stand by di posko tampak hanya 3 orang Polisi, sedangkan yang lainnya berpencar ke berbagai sudut lokasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline