Lihat ke Halaman Asli

Roselina Tjiptadinata

TERVERIFIKASI

Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Sayang Cucu Bagus, Tapi Jangan Lupa Tugas sebagai Istri

Diperbarui: 23 April 2019   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi : nakita.grid.id

Kendala Yang Sering Ditemukan Dalam Keluarga                                                                                          

Sering kita mendengar seseorang yang sudah punya mantu,kemudian punya cucu ,akan selalu jadi tumpuan harapan dari puteri nya ,agar ibunya yang diharapkan dapat membantu menjaga cucu .Khususnya bilamana putrinya harus kerja sejak dari pagi  dan baru pulang sore hari. Sewaktu sang ibu baji bekerja,maka pilihan menyerahkan anak dibawah asuhan pembantu rumah tangga ,tentu merupakan jalan terackhir. Kalau ada ibu  yang masih kuat jaga cucu,mengapa tidak ?  

Banyak pasangan muda,lupa bahwa yang terpikir oleh mereka, adalah  bagaimana mereka ,yakni suami istri dapat bekerja dengan rasa nyaman dan aman,karena ada ibu  yang menjaga anak anak.

Lupa,bahwa ibu dan ayah mereka,juga berhak untuk dapat menikmati hidup dihari tua,tanpa dibebani dengan tugas menjaga cucu,sepanjang hari dan sepanjang tahun. Jarang ada yang memahami,bahwa hal ini , sering  memicu terjadi konflik atau "perang dingin" antara si nenek dan si kakek.

Apalagi bila tinggal dirumah berbeda dan si Nenek,diminta  untuk tinggal dirumah anaknya untuk menjaga cucu  Hal ini tidak masalah kalau sang kakek juga diajak tinggal bersama sementara nenek menjaga cucu..Namun,sering terjadi,karena yang dibutuhkan tenaga ibu,maka secara tanpa sadar ,ayah ditinggal sendirian dirumah.

Orang Tua Juga Berhak Menikmati Hidup Mereka

Bila sang nenek hanya sendiri yang tinggal dirumah anaknya, sedangkan sang kakek sendirian dirumah mereka sendiri,maka  tidak jarang hal ini membawa masalah antara kakek dan nenek.

Kalau memang untuk keperluan mendadak,untuk beberapa hari,tentu tidak menjadi masalah,tetapi kalau  hal ini berlangsung sepanjang tahun,maka secara tanpa sadar,dapat menciptakan suasana yang tidak nyaman dalam kehidupan kedua orang tua.

Mencari Solusi Tanpa Menciptakan Masalah 

Kemarin ini seorang teman kami yang sudah punya mantu dan anak  perempuannya baru melahirkan baji menelepon pada saya.Sebut saja namanya Ida, yang  menanyakan pendapat saya.

Menurut Ida,  suaminya tiba tiba  pulang ke Padang tanpa memberitahukan dirinya,ketika ia menginap dirumah puterinya untuk membantu mengasuh cucu pertama .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline