Lihat ke Halaman Asli

Rose FitriaLutfiana

Seseorang yang senantiasa belajar

Lesson Study Learning Community, Pembentukan Komunitas Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Diperbarui: 24 Januari 2023   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Lesson Study merupakan sebuah strategi yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah. Perbaikan tersebut meliputi perbaikan pendekatan, metode, media, dan juga model pembelajaran. Lesson study dilakukan oleh sekelompok komunitas pembelajar/Learning Community yang ada di sekolah. Dengan lesson study, best practice yang dihasilkan bisa ditularkan dan disebarluaskan untuk mengasilkan kualitas pembelajaran yang baik. 

Salah satu tugas dosen yaitu melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PkM selain melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian. Kegiatan PkM dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah mitra, dalam hal ini mitranya yaitu SMA Muhammadiyah 2 Genteng - Banyuwangi. 

Tim PkM dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari tiga orang yaitu Rose Fitria Lutfiana, M. Syahri dan M. Mansur melakukan kegiatan pelatihan Lesson Study di SMA Muhammadiyah 2 Genteng pada bulan Oktober 2022. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru PPKn yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Genteng.

Kegiatan lesson study ini dilakukan selama 2 siklus pembelajaran yang dimulai dari tahap plan, do dan see. Pada tahapan plan, Tim PkM dan guru model melakukan kegiatan perencanaan perangkat pembelajaran beserta dengan lampirannya (RPP). Kemudian dalam tahapan do, perangkat yang telah disusun diimplementasikan dalam pembelajaran oleh guru model dan juga diamati oleh observer. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan see, dalam tahapan ini kami melakukan refleksi/evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Aspek-aspek yang kurang akan diperbaiki dalam kegiatan pembelajaran pada siklus 2.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline