Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lois Fathiarini, Tattooist Perempuan Asal Jogja

Diperbarui: 12 November 2019   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lois Nur Fathiarini, tattoist perempuan asal Jogja. | dokpri

Industri tatto bukan merupakan bisnis yang asing lagi di Indonesia. Tidak hanya laki-laki yang bisa menjalankan profesi sebagai tatto artist namun seorang wanita pun bisa.

Lois Nur Fathiarini seorang seniman yang juga berprofesi sebagai seorang tatto artist, ditemui di Studio tattonya yang bernama "Carpe Diem" yang berada di bawah flyover Janti mengakui bahwa industri tatto merupakan industri yang eksklusif karena tidak banyak orang tahu mengenai apa yang terjadi di dalam studio tatto

"Industri tatto adalah industri yang eksklusif. Eksklusif dalam artian tidak semua orang tahu apa yang ada dalam studio tatto dan hanya orang-orang yang terjun ke dalamnya yang memahami"

Awal pertama kali Lois belajar membuat tatto adalah di tahun 2009, awalnya ia hanya bekerja sebagai shop manager di studio tatto keluarganya namun karena seiring banyaknya klien yang meminta Lois untuk membuatkan tatto dan ia melihat bahwa masih jarang perempuan yang bekerja sebagai tattoist maka ia mulai mencoba menekuni profesinya tersebut melalui apprenticeship yaitu belajar/magang dengan mentor mengenai suatu keahlian.

Pembuatan design tatto | dokpri

Setelah ia memahami mengenai teknis pembuatan tatto barulah di tahun 2010 Lois bekerja secara komersial di studio tatto milik keluarga.

Selain sebagai seniman tatto, Lois juga memiliki hobi di bidang musik, diakuinya bahwa ia sempat bergabung dengan sebuah band bernama "Lilith" yang memiliki genre musik Poprock/Metal, selain itu ia juga memiliki bisnis penjualan barang handmade seperti totebag, kaos, Flatshoes dan aksesoris yang proses pembuatannya ia kerjakan sendiri dari awal termasuk juga dengan menyulam. 

Lois yang merupakan lulusan arsitektur UGM memilih menekuni profesi sebagai tattoist karena ia mengakui bahwa menjadi seorang tatto artist juga memiliki tanggung jawab dan dampak yang besar karena selain membangun hubungan dengan klien dan harus bekerja sesuai SOP, melalui pembuatan tatto maka akan menimbulkan luka di tubuh klien dan bisa menyebabkan penyakit jika tidak dikerjakan sesuai standar.

Ibu dua orang anak ini juga sempat menjalankan proyek kecil untuk arsitektur namun Ia mengatakan bahwa pekerjaan sebagai arsitektur akan menyita waktu yang lebih banyak dengan keluarga, ditambah pula saat itu ia sudah tertarik dengan dunia tatto dan sudah berkeluarga sehingga ia lebih memilih profesi sebagai tattoist daripada ia harus bekerja dengan setengah-setengah dan tidak fokus pada pekerjaannya sebagai arsitek. Dengan begitu Lois juga bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengurus kedua buah hatinya saat itu.

Kegiatan sehari-sehari di Studio tatto. | dokpri

Lois juga memiliki pendapat mengenai perempuan yang bekerja sebagai tatto artist bahwa mereka harus siap dengan stigma bahwa profesi ini adalah pekerjaan laki-laki karena berhubungan dengan mesin dan teknis, kemudian, misalnya mereka mendapat perlakuan yang berbeda dari klien atau sesama tatto artist, Lois berharap bahwa mereka dapat speak up dan mau berbaur dengan lingkungan pekerjaannya yang memang didominasi oleh laki-laki. Mereka dilihat bukan hanya karena cantik dan berpenampilan terbuka seperti menggunakan hot pants namun dibalik itu mereka juga memang memiliki karya yang bagus-bagus.

"Tentu ada stigma, bahwa ini kan memang berhubungan dengan mesin dan secara teknis juga rata-rata dikerjakan oleh cowok. Ketika cewek jadi tattoist apakah siap beradaptasi dengan lingkungannya berbaur dengan cowok-cowok, karena mungkin mereka tidak terbiasa punya teman yang cewek di profesinya. Tinggal mereka apa berani speak up atau engga tentang itu apakah nyaman digituin atau cuek dapat perlakuan dari klien atau rekan seperti itu"

Lois juga memaknai tatto sebagai motivasi juga doa. Karena setiap pembuatan tatto menurutnya harus memiliki hubungan dengan hidup. Misalnya tatto tradisional yang biasanya untuk menandakan perjalanan hidup sesorang, selain itu ketika orang ingin memiliki sebuah pengingat di kehidupannya maka mereka bisa membuat tatto dengan design tulisan yang menggambarkan hidup mereka sehingga tatto lebih memiliki makna dari hanya sekedar untuk penampilan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline