Lihat ke Halaman Asli

Dwi Rosa Lia

Mahasiswa

KKN Non Reguler Mahasiswa Untag-Pendampingan UMKM Sari Kedelai di Wilayah Sememi RT 04 RW 08

Diperbarui: 14 Juni 2022   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan oleh saya Dwi Ros Shalia dan di dampingi Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Christian Sitohang, SE, MM melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada home industry pengolah susu kedelai di Kecamatan Benowo Kelurahan Sememi kota Surabaya . 

Tujuan dari kegiatan ini supaya mitra mampu mengembangkan usaha susu kedelai yang selama ini belum optimal melalui diversifikasi usaha pembuatan susu kedelai dalam branding, sehingga kedepannya bisa menjadi komoditas ekonomi baru bagi masyarakat. Selain itu, diharapkan juga mitra memiliki logo brand produk dan pemasaran sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah Sememi .Susu kedelai adalah minuman berasal dari kacang kedelai, yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga baik untuk kesehatan. 

Tujuan kegiatan ini adalah menghasilkan susu kedelai dengan aktivitas antibakteri terbaik, yang disukai konsumen. hal ini karena dalam susu kedelai mengandung protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu sumber protein nabati adalah dari kacang -- kacangan yang diolah menjadi susu nabati, Mengingat manfaat dari sari kedelai ini sangat besar maka diversifikasi produk diperlukan supaya produk lebih bisa diterima oleh pasar. 

Melalui ini dilakukan pendampingan pengolahan sari kedelai menjadi produk komoditas ekonomi berupa minuman dalam kemasan siap minum, yang dapat memberikan alternatif usaha perekonomian baru di masyarakat. Setelah program kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pendampingan kepada mitra, ternyata mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi olahan minuman kedelai yang mana produksi hasil meningkat hampir dua kali lipat dari semula. 

Kedelai adalah bahan pangan yang sangat populer di indonesia,karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi dan harganya yang relatif lebih murah. Kedelai biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan dasar tahu atau tempe. Memang bukan sebuah terobosan baru menggunakan kedelai sebagai bahan dasar susu. Tetapi diharapkan agar konsumsi susu kedelai yang saat ini kurang populer dapat menjadi minuman yang lebih populer dimasyarakat. Mengingat nilai ekonomis dari susu kedelai, dan menjadikannya sebagai produk minuman yang lezat dan bernilai gizi tinggi.

1. Susu kedelai memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan:

 a. Bergizi dan mengandung protein tinggi 

b. Dapat menjaga kesehatan jantung

 c. Mengontrol tekanan darah tinggi.

 d. Mengurangi kolesterol dalam darah. 

e. Tidak mengandung kasein sehingga dapat dikonsumsi oleh anak autis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline