Lihat ke Halaman Asli

Pemberdayaan Ibu-ibu PKK Melalui Sosialisasi Pembuatan 3S (Selai Sawo Sepakat)

Diperbarui: 6 Januari 2021   19:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sepakat, Sabtu (25/10/2020) -- Mahasiswa PMM (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) Kelompok 58 Universitas Muhammadiyah Malang bersama dengan KKN TEMATIK Universitas Teknologi Sumbawa 2020 Desa Sepakat,Kecamatan Plampang,Kabupaten Sumbawa melakukan sosialisasi proses pembuatan Selai Sawo kepada Ibu-ibu PKK. 

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana dan Sekretaris Desa Sepakat,kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi yang dipandu oleh Mahasiswa KKN dan PMM.

Selai Sawo dibuat dengan bahan dasar Buah sawo yang sudah matang. Tujuan diadakannya sosialisasi pembuatan selai sawo  adalah untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu PKK di Desa Sepakat  agar nantinya bisa menghasilkan dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Dokpri

Buah sawo adalah salah satu potensi alam dari desa sepakat yang melimpah dan penanganannya hanya dijual melalui warung-warung  dipinggir jalan,dan dikonsumsi pribadi atau bahkan dibiarka membusuk dan terbuang begitu saja. 

Oleh karena itu karena penanganannya yang kurang baik menjadi perhatian mahasiswa PMM UMM dan KKN UTS tergerak untuk meninggkatkan nilai dari buah sawo sebagai salah satu potensi Desa Sepakat dengan mengolahnya menjadi Selai Sawo Sepakat (3S).  

bahan dan cara pembuatannyapun sangat mudah dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Peserta sosialisasi yang sempat hadir,juga ikut mencicipi selai Sawo Sepakat yang sudah jadi,dan sangat diharapkan dapat termotivasi untuk mencoba membuat sendiri.

Dengan adanya sosialisasi proses pembuatan selai sawo Sepakat oleh mahasiswa PMM UMM dan KKN UTS,diharapkan bisa meberikan inovasi dan motivassi kepada warga desa Sepakat untuk mengembangkannya menjadi sebuah Usaha UMKM.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline