Lihat ke Halaman Asli

Rosa Amilianti

Saya Mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid tahun 2022, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam

Pentingnnya Moderasi Beragama untuk Kesejahteraan Masyarakat di Desa Jolotigo

Diperbarui: 8 Oktober 2023   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Tempat Ibadah di Desa Jolotigo /dokpri

Talun, 23 September 2023 - Moderasi beragama adalah bentuk toleransi terhadap agama lainnya, agama dapat menjadi sumber inspirasi untuk perdamaian, kerjasama, dan kesejahteraan umat manusia, bukan menjadi sumber konflik dan perpecahan. Jadi di Desa Jolotigo adalah salah satu contoh Desa yang dikenal dengan semangat moderasi beragamanya, telah mencapai tingkat kesejahteraan yang menginspirasi banyak orang. Dalam hal menghindari pola pikiran yang kurang baik dalam interaksi sosial menjadi landasan yang kokoh bagi kesejahteraan mereka bersama.

Kesejahteraan bersama di Desa Jolotigo, Khususnya di Dukuh Purbo yang terdapat dua keyakinan beragama yakni agama Islam dan Kristen protestan. Dengan mayoritas penduduk menganut agama Islam (sekitar 1500 jiwa) dan penganut keyakinan Kristen protestan (sekitar 350 jiwa). Meskipun perbedaan agama hadir di lingkungan mereka, Desa Jolotigo mampu menjadi contoh nyata kunci sukses untuk kesejahteraan antar umat beragama.

Salah satu kunci utama untuk menghindari pola tidak sehat dalam sosial adalah dengan mengadakan kegiatan bersama seperti acara keagamaan yaitu pada saat Hari Raya dua agama ini tiba, seperti Idul Fitri dan Natal. Masyarakat saling merayakan tanpa melihat perbedaan agama tersebut, tanpa mengurangi nilai-nilai kepercayaan beragama dalam diri mereka serta dapat memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan.

Wawancara bersama Bapak Slamet selaku Perangkat Desa di Dukuh Purbo /dokpri

Melalui wawancara bersama salah satu warga disana "Karena kami saling melindungi bahkan semakin banyak perbedaan semakin nikmat" Ujar pak Slamet, salah satu warga di Desa Jolotigo yang menjabat sebagai Perangkat Desa (Lebe) di Desa Jolotigo.

Wawancara bersama Ibu Suliyani selaku Istri Bapak Sukidi ( Pendeta Gereja Kristen Jawa) /dokpri

Warga desa juga bekerja sama dalam Pembangunan masjid atau gereja, warga disana saling bergotong royong satu sama lain untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Mereka memahami bahwa bersatu adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama. Seperti yang dikatakan Ibu Suliyani selaku Istri dari Bapak Sukidi yang merupakan Pendeta Gereja Kristen Jawa (GKI) beliau mengatakan "Semua warga berhak beragama Islam maupun Kristen karena setiap individu berhak memilih keyakinan yang berbeda tetapi tujuannya tetap satu, yaitu taat kepada yang memberi hidup" Ungkapnya.
Desa Jolotigo adalah contoh sukses tentang bagaimana masyarakat dapat hidup dalam harmonis dan menghindari pola tidak sehat dalam interaksi sosial. Mereka membuktikan bahwa moderasi beragama adalah jalan menuju kesejahteraan bersama yang berkelanjutan dan inspiratif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline