Lihat ke Halaman Asli

Roro Fitri

roro fittri

Self Talk, Upaya Berdamai dengan Diri Sendiri

Diperbarui: 11 Januari 2021   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Hidup dan terus menjalani hari dengan tanpa tahu akan ada hal apa yang terjadi di depan adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh semua insan manusia di dunia, tanpa terkecuali. Dunia bisa saja terasa sangat menyenangkan dan hangat tetapi terkadang dunia juga terasa begitu jahat dan pedih memperlakukan kita. Itu semua merupakan hal yang wajar dan merupakan roda kehidupan, akan selalu ada hitam dan putih, akan selalu ada manis dan pahit, ada suka dan duka, hingga ada sedih dan bahagia.

 Hal itu tidak bisa kita pungkiri atau kita hindari selamanya, itu akan terus menjadi misteri untuk kita selama kita masih hidup. Tapi, sebagai manusia yang tuhan ciptakan dengan otak yang mampu berfikir dan hati yang mampu berprasangka, sudah selayaknya kita tidak boleh hanya pasrah kepada semuanya, kita harus berjuang dan berusaha terlebih dahulu agar hidup kita mampu terlewati dengan indah dan dengan sikap yang baik.

Meskipun kita tidak bisa memprediksi sampai kapan kita akan diberi waktu untuk terus hidup dibumi dan belajar, akan tetapi, masa muda adalah masa yang sangat berkesan dan penting di sepanjang perjalanan hidup manusia. Saat muda, kita masih memiliki kesehatan yang prima, dan otak yang fresh. ‘anak muda’ juga merupakan harapan bagi banyak orang, harapan agar saat dewasa nanti, kita bisa berguna baik bagi diri sendiri, keluarga atau bahkan negara. 

Oleh karena itu, sudah sepantasnya, sebagai generasi muda, kita lebih melek dan lebih memiliki rasa semangat yang tinggi dibandingkan dengan anak-anak ataupun orang dewasa yang sudah berada pada jalannya masing-masing. Kita harus menjadi manusia yang kuat yang setidaknya bisa menopang diri sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk itu, untuk menjalankan semua hal yang terjadi dalam kehidupan dengan baik dan percaya diri. 

Self talk adalah salah satunya, self talk merupakan kegiatan berdoalog atau berkomunikasi dengan diri sendiri yang bisa dilakuakn dengan atau tanpa suara, seperti sebuah sugesti baik untuk diri sendiri. Kegiatan ini dilakukan agar kita memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mampu menghargai diri sendiri. Selain itu, kegiatan self talk juga mampu menghadirkan rasa optimis, dan kedamian dalam hati untuk diri sendiri pada berbagai situasi. 

Kita harus menguatkan dan meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu agar kita mampu menghadapi orang lain atau berbagai situasi dengan tenang dan percaya diri. Self talk dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, tidak memerlukan tenaga yang besar tetapi memiliki dampak yang sangat besar dalam hidup kita, beberapa diantaranya ialah:

  • Mampu berdamai dengan berbagai situasi 

Dengan melakukan self talk kita mampu untuk berdamai dengan diri kita sendiri dalam berbagai situasi, baik saat situasinya baik atau pun buruk. Kita akan mampu meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita mampu melewatinya dengan baik, misalnya ketika kita merasa gugup atau grogi saat tampil di depan banyak orang, maka dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa, maka rasa gugup atau grogi tersebut akan hilang.

  • Mampu mengatur emosi dan menghambat stress 

Saat seseorang merasa bahwa hidupnya sedang tidak baik-baik saja, ingin bercerita namun merasa bahwa tidak ada yang bisa mengerti, maka self talk dapat sangat membantu kita agar kita mampu melewati masa sulit itu, cukup dengan kita berbicara dengan diri kita sendiri, kuatkan hati dan yakinkan bahwa apa yang terjadi bukan tanpa alasan, bahwa apa yang terjadi adalah apa yang diri kita bisa lakukan, maka dengan begitu kita akan mampu mengendalikan diri kita dari rasa yang tidak baik, seperti emosi dan stress.

  •  Meningkatkan performansi 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, dengan mengeluarkan kata-kata positif untuk diri sendiri, kita akan lebih bisa memaksimalkan apa yang akan kita lakukan. Contohnya, ketika seorang penyanyi akan membawakan lagunya di atas panggung, ia kemudian akan mengatakan kalimat yang menurutnya mampu membuatnya lebih tenang dan leboh percaya diri yang mana hal tersebut merupakan bagian dari self talk.

  • Meminimalisir prasangka buruk (Negative Vibes)

Meskipun hal buruk terjadi dalam hidup kita, saat apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan atau keinginan kita, kita akan tetap mampu melewatinya dan memandangnya sebagai hal yang positif. Dengan berdialog dengan diri sendiri, kita akan mampu lebih fokus hanya pada hal-hal yang baik.

  •  Sebagai sarana self reflection

Ini merupakan dampak baik yang terakhir, sekaligus yang paling memberikan dampak besar dalam hidup kita. Karena, semua yang terjadi pada kita adalah hal yang beraneka ragam, ada yang indah dan tidak, ada yang kita sukai dan tidak, maka dengan melakukan self talk atau pun berdialog dengan diri sendiri membuat kita mampu menjadi manusia yang lebih tenang dalam menjalani hidup. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline