Lihat ke Halaman Asli

Roro Purwanti

Mahasiswi

Identifikasi 5a di Desa Wisata Tipang

Diperbarui: 12 Desember 2023   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identifikasi Atribut Pariwisata 5A, Analisis SWOT, dan Usulan Rencana Aksi di Desa Wisata Tipang

Author: Roro Purwanti, Mentari E.V Lumbantobing,Tri Handayani Simanjuntak, Khairunnisa Naurah Yusuf, Yohannes Palbrenta Barus

 

PENDAHULUAN

 

Lokasi Desa tipang bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk berlibur Bersama keluarga selain dekat dengan alam juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Kamu tidak akan menyesal mengunjungi desa tipang melainkan kamu mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup kamu. Tunggu apalagi sahabat wisata segera packing barang anda dan rasakan kenikmatan berlibur di desa tipang  

Desa tipang memiliki panorama yang indah dan asri, salah satu panorama itu adalah air terjun sigota-gota dan Berada di tepian Danau Toba, dengan luas wilayah 512,33 Ha, Desa Tipang memiliki topografi memukau berupa perbukitan/pegunungan dengan ketinggian 900 s/d 1.200 m di atas permukaan laut, serta lembah yang indah seakan pengunjung terhipnotis dengan ke indahan  Danau Toba. Penduduk Desa Tipang berjumlah 450 kepala keluarga dengan 1.800 jiwa, yang hingga saat ini masih mempraktikkan tradisi budaya, termasuk ritual dalam siklus mata pencaharian (livelihood cycle) dan upacara siklus kehidupan (life cycle).

Desa tipang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara. Desa Tipang  terpilih untuk  masuk ke dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021, desa ini berhasil meraih peringkat IV Kategori Rintisan dalam ajang "Anugerah Wisata Indonesia" yang dimotori oleh Gomgom Lumbantoruan bersama timnya melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tipang yang juga buah dari kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

 Gomgom Lumbantoruan secara konsisten dan gigih mengeksplorasi, mempublikasikan literasi tentang Tipang, membuat paket wisata, memberdayakan masyarakat lokal dalam kegiatan-kegiatan bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mengintegrasikan dan mendorong lembaga-lembaga dalam Desa Tipang hingga berhasil mengukir prestasi di kancah Nasional. Semua itu dilakukan secara swadaya.

Pasca ADWI 2021, Desa Tipang mendapat perhatian yang signifikan dari Pemerintah Pusat dalam pengembangan Desa Wisata. Desa Tipang juga diyakini sebagai etalase Geopark terlengkap di Kawasan Danau Toba. Mulai dari keragaman geologis, biologis hingga kultural (kebudayaan). Keunikan tersebut menjadikan Desa Tipang ditetapkan sebagai salah satu Geosite di antara 16 Geosite lainnya di Kawasan Danau Toba (Toba Caldera UNESCO Global Geopark) yang merupakan anggota Jaringan Geopark Dunia bersama 9 Geopark lainnya di Indonesia.

  • KRITERIA DESA WISATA 

Desa wisata di adakan oleh kementrian atas asas manfaat, kelestarian, partisipatif, dan kearifan lokal. Desa wisata sendiri adalah pemberdayaan masyarat setempat, alam, dan pengembangan budaya. Sebagai desa wisata sangat perlunya pengembangan dalam aspek konsistensi desa wisata. Berikut beberpa yang harus di perhatikan dalam desa wisata yakni sebagai berikut.

  • Desa memiliki objek menarik bisa dari sisi alam, seni, atau budaya masyarakat yang masih lestari
  • Memiliki jalur transportasi yang memadai untuk pengunjung
  • Melibatkan banyak pihak khususnya masyarakat sekitar
  • Sarana dan prasarana baik di dalam desa wisata maupun di sekitar desa wisata
  • Pengelolaan desa wisata dilakukan dengan baik
  • Memperhatikan kenyamanan seluruh masyarakat
  • Memiliki sertifikasi dari pemerintah atau mengantongi SK Bupati sebagai Desa Wisata.
  • ATRIBUT 5A 
  •  
  • Amenitas
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline