Gadget telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan gadget oleh peserta didik memiliki dampak positif dan negatif terhadap tumbuh kembang mereka, tergantung pada bagaimana gadget tersebut digunakan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dampak positif dan negatif gadget terhadap tumbuh kembang pesert didik. Berikut adalah dampak positif dan negatif gadget terhadap tumbuh kembang peserta didik.
Dampak Positif Gadget terhadap Tumbuh Kembang Peserta Didik
1. Memberikan Akses Informasi yang Lluas Kepada Peserta Didik
Gadget memberikan akses informasi yang luas kepada peserta didik dari berbagai sumber informasi dan materi pembelajaran dari seluruh dunia. Dengan ini gadget dapat mempermudah peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan memperluas wawasan mereka dengan mudah.
2. Mempermudahkan Pembelajaran Peserta Didik
Gadget memberikan akses untuk mempermudahkan peserta didik dalam pembelajaran melalui E-Book, video, dan aplikasi pembelajaran lainnya. Gadget juga memberikan kemudahan untuk pembelajaran jarak jauh atau darling dengan menggunakan aplikasi yang mendukung seperti Zoom Meeting atau yang lainnya.
3. Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik
Berbagai aplikasi yang kreatif di gadget, seperti aplikasi pengeditan video dan aplikasi novel online atau cerita online yang dapat mengembangkan atau mengasah kretivitas peserta didik.
Dampak Negatif Gadget terhadap Tumbuh Kembang Peserta Didik
1.Mengakibatkan Kecanduan
Penggunaan gadget secara berlebihan menyebabkan peserta didik kecanduan, terutama game online, aplikasi hiburan di gadget, dan juga media sosial lainnya. Kecanduan gadget dapat menimbulkan gangguan konsentrasi dan fokus pada peserta didik, sehingga dapat menurunkan prestasi akademik peserta didik.
2. Menurunkan Kesehatan Fisik Peserta Didik
Penggunaan gadget dalam jangka waktu lama dapat menurunkan kesehatan fisik anak. Salah satunya adalah gangguan penglihatan. Menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan penglihatan kabur dan membuat mata lelah.
3. Konten yang Tidak Sesuai Dengan Umur
Gadget membuka akses di internet, yang mungkin tidak sesuai dengan umur peserta didik. Jika tidak ada pengawasan yang ketat dari orang tua, peserta didik dapat terpapar pada konten yang tidak mendidik, seperti pornografi, kekerasan, atau bahkan informasi yang menyesatkan.
4.Penurunan Akademik Peserta Didik
Penggunaan gadget untuk tujuan non-akademik dapat mengalihkan peserta didik dari kegiatan belajar mereka. erlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain gadget, sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada hasil akademik peserta didik.
Sangat penting peran orang tua untuk memantau dan membatasi penggunaan gadget oelh peserta didik. Menggunakan gadget secara bijak dan seimbang dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkanoleh adanya gadget dan memaksimalkan dampak positif yang dapat diambil dari adanya gadget.