Lihat ke Halaman Asli

Yurikamome, Kereta Si Burung Camar Hitam

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yurikamome adalah sistem kereta driverless ( tanpa pengemudi atau tanpa masinis), dioperasikan oleh Tokyo Waterfront New Transit Corporation, yang berjalan dari Shimbashi untuk Toyosu melalui Odaiba. Rute 14.7km disebut Yurikamome, dalam bahasa Jepang artinya burung camar berkepala hitam, yaitu burung yang dianggap sebagai  burung resmi Tokyo.

Paling menarik dari yurikamome adalah bentuk bodi seperti bus bergandeng sampai dengan empat atau enam unit, dengan satu penggerak listrik, namun mempunyai roda ban karet seperti halnya bus yang beroperasi dijalan raya, bukan mempunyai roda besi sebagaimana kereta api pada umumnya. Duduk di bagian depan kereta menyediakan pemandangan indah dari daerah Teluk Tokyo, termasuk rainbow bridge, atau jembatan pelangi, sebuah jembatan gantung yang melintasi utara Tokyo Bay Shibaura  dan Pier yang berada di daerah pengembangan pantai Odaiba di Minato, Tokyo, Jepang. Konstruksinya dimulai pada 1987 dan selesai pada 1993 dengan panjang  798 meter  dan  rentang utamanya 580 meter.  Nama "'Rainbow Bridge "diberikan  oleh publik.

Menara yang mendukung jembatan ini berwarna putih, dirancang untuk selaras dengan kaki langit pusat kota Tokyo  yang dilihat dari Odaiba. Lampu-lampu ditempatkan pada kabel yang mendukung jembatan, dengan tiga warna berbeda, merah, putih dan hijau setiap malam menggunakan energi matahari yang diperoleh pada siang hari.

Jembatan ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari Stasiun Tamachi (JR East) atau Shibaura-Futo Station (Yurikamome) di sisi daratan. Jembatan pelangi membawa jalur transportasi tiga pada dua deck. Dek atas membawa Expressway Shuto (jalan tol), Route Daiba, sementara dek bawah melayani sistem transit Yurikamome cepat. Pada bagian di tengah terdapat walk way di sisi luarnya, serta jalan arteri Tokyo Prefektur Route 482. Sepeda dan sepeda motor di bawah 50cc tidak diizinkan di kedua dek atau jalan jembatan. Motor dengan pembonceng juga dilarang. Walkway Jembatan ini memiliki dua jalan setapak yang terpisah pada sisi utara dan selatan dari dek bawah, sisi utara menawarkan pemandangan pelabuhan Tokyo dalam dan Menara Tokyo, sementara sisi selatan menawarkan pemandangan Tokyo Bay dan sesekali Gunung Fuji. Jalan setapak hanya dapat digunakan selama jam-jam tertentu (9 pagi sampai jam 9 malam di musim panas; 10 pagi sampai 6 sore di musim dingin). Itulah salah satu yang menarik dari rute perjalanan yurikamome, yang dapat dinaiki dengan harga tiket terjangkau menurut ukuran Tokyo. Rata-rata 160.000 penumpang naik kereta ini setiap harinya dengan biaya perjalanan dari Shimbashi ke Odaiba ¥ 310 dan kalau pergi sampai pemberhentian terakhir biayanya  ¥ 370. Jika berencana untuk melakukan banyak naik dan turun kereta pada perjalanan di daerah ini, dimungkinkan untuk membeli karcis perjalanan satu hari untuk 800 ¥, 400 yen untuk anak-anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline