Lihat ke Halaman Asli

Rooy John

Cuma Orang Biasa

Muara (4)

Diperbarui: 10 April 2022   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Di sini akhir aliran sungai. Saat air tawar dan air laut bertemu. Di sini akhir masa. Saat yang lampau dan yang kemudian bertemu. Bercampur. Serasa payau. Setengah tawar, setengah asin. Meski begitu, keduanya berbeda. Berbeda lingkungan. Berbeda pohon. Berbeda hewan. Tak ada yang perlu disesali.

"Hallo, Nduk. Selamat pagi...... Udah keluar Purwokerto beberapa menit lalu....Gak usah jemput. Ibu dan Bapak naik mini bus saja dari Sawangan ke Selomerto....Oke, nanti Ibu kabari...."

Bu Sri menutup tilpun genggamnya. Ia meraih botol minuman mineralnya yang diletakan di belakang kursi penumpang yang duduk di depannya. Diteguknya. Diletakan kembali botol minuman di tempatnya. "Menik sudah dikabari. Gak usah menjemput. Kita naik mini bus saja ke Selomerto," wajah Bu Sri menoleh ke arah sang suami. Guru Bisma mengangguk sambil melepaskan earphone yang menggantung di telinganya.

Bus tiba di terminal Sawangan lebih cepat satu setengah jam dari jadwal. Sejak semula agen bus di Pondok Pinang sendiri tidak bisa memastikan jam berapa bus akan tiba di Wonosobo. Sementara Guru Bisma membutuhkan kepastian jadwal itu. Ia tidak ingin menunggu dalam kegelapan pagi di stasiun bus. Selain tidak aman, ia sendiri bukan tipe orang yang suka menunggu sesuatu yang tidak jelas.

“Kita masih harus menunggu sekitar lima belas menit lagi,”Guru Bisma sedikit menggerutu saat menarik koper pakaian dari bagasi bawah bus.

“Tidak apa-apa. Kita menunggu di warung saja,”Bu Sri menenangkan.

“Memang sudah ada warung buka sepagi ini, Bu?”

“Ya, kita tanyakan saja pada petugas terminal atau orang-orang yang berdiri di sana”

Guru Bisma dan Bu Sri akhirnya menemukan sebuah warung makan di luar terminal. Keduanya masuk dan duduk di kursi panjang yang dipajang di sisi kiri warung. Berhadapan dengan mereka dua orang laki-laki muda berpakaian necis yang duduk di kursi panjang lain yang terletak di sisi kanan warung. Di antara kedua kursi panjang itu sebuah etalase besar berisi makanan dan jajanan diletakan.

Guru Bisma memesan secangkir kopi panas. Bu Sri justru meminta es teh meski udara pagi Wonosobo terasa dingin menusuk kulit. Kedua laki-laki yang duduk di seberang etalase nampaknya sedang terlibat diskusi serius. Tetapi mereka bercakap-cakap dalam volume suara yang begitu kecil, Seakan tidak ingin seorang pun mendengar.

“Kita sepakat tentang patogen?,”suara laki-laki berbaju biru pelan

“Sepakat. Di situ intinya. Kita hanya bisa mendefinisikannya dalam tiga langkah fundamental. Isolasi. Amati. Definisi,”sambut laki-laki lain berbaju putih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline