Lihat ke Halaman Asli

Imam Sahroni Darmawan

Pendamping Lokal Desa/ Kemendesa PDTT

Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Pajeruan, Kedungdung: Bantuan Ekonomi Selama El Nino

Diperbarui: 20 Oktober 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Dok.Rony Brothers

Sampang, 5 Oktober 2023 - Pemerintah Desa Pajeruan, yang terletak di Kecamatan Kedungdung, melaksanakan penyaluran BLT Dana Desa (BLT DD) untuk periode Juli, Agustus, dan September 2023. Program ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat Desa Pajeruan selama masa El Nino.

El Nino menyebabkan peningkatan suhu permukaan laut dan mengurangi curah hujan di beberapa wilayah kecamatan Kedungdung, terutama di Desa Pajeruan. Kekeringan yang berkepanjangan mengakibatkan berkurangnya ketersediaan air untuk pertanian, yang pada gilirannya mempengaruhi hasil pertanian yang buruk. Hal ini secara otomatis menyulitkan warga Desa Pajeruan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, terlebih lagi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok saat ini.

KPM Desa Pajeruan Menerima Bantuan 900.000 Rupiah Selama 3 Bulan

Sebanyak 75 keluarga penerima manfaat (KPM) berhak menerima bantuan sebesar 300.000 rupiah per bulan, dengan total bantuan mencapai 900.000 rupiah selama tiga bulan. Penyaluran dana ini dilakukan melalui BANK Sampang yang berlokasi di Desa Moktesareh, Kecamatan Kedungdung.

Profil Penerima Manfaat

Dari 75 KPM yang menerima bantuan, 63 di antaranya adalah laki-laki, sementara 12 lainnya adalah perempuan. Adapun variasi dalam klasifikasi usia penerima manfaat, dengan 38 KPM berumur 45-59 tahun, 19 KPM berumur 60-69 tahun, 1 KPM berumur 70-79 tahun, dan 3 KPM berumur 80-89 tahun.

Kriteria Calon Penerima BLT Desa

Penentuan calon penerima BLT Desa melibatkan beberapa kriteria, termasuk keluarga miskin, kehilangan mata pencaharian, anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis/difabel, dan mereka yang tidak menerima bantuan sosial PKH.

Dukungan dari Pihak Terkait

Penyaluran BLT DD di Desa Pajeruan disaksikan oleh perwakilan dari tingkat kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, dan perangkat desa Pajeruan. Moh Muhlis, Sekretaris Desa Pajeruan, memberikan pesan kepada Keluarga Penerima Manfaat untuk menggunakan bantuan ini sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidup dan hal-hal yang bermanfaat.

"Kami berharap Keluarga Penerima Manfaat dapat menggunakan bantuan ini sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan untuk hal-hal yang bermanfaat." - Harap Moh Muhlis.

Menghadapi Tantangan Ekonomi Selama El Nino

Program BLT DD ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Pajeruan dalam menghadapi tantangan ekonomi yang dihadapi selama musim kemarau dan mewujudkan kesejahteraan bersama di tengah-tengah mereka.

Baca juga: Menteri Investasi Diminta Membebaskan Pendemo Pasca-Bentrok di Rempang

Dengan ini, Pemerintah Desa Pajeruan berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakatnya dalam menghadapi masa-masa sulit ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline