Lihat ke Halaman Asli

Kombal Gemstone Contest Berlangsung Meriah di Kabupaten Lahat

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1431032695307116717

Komunitas Batu Akik Lahat (KOMBAL) Gemstone Contest berlangsung di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat, dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 8 Mey 2015. Dalam Event yang diselenggarakan oleh Komunitas Batu Mulia Terbesar di Lahat ini diperlombakan Enam kategori Batu Mulia yaitu Bacan Bebas, Pictural Agate Kristal, Teratai, Pictural Agate Badar, Akik Pola, Bebas Unik Antik, Yellow Chalcedony, Blue Chalcadony serta Panca Warna Lahat.

Tak hanya dari Kabupaten Lahat peserta juga datang dari Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel diantaranya Lubuk Linggau, empat Lawang, Muara Enim, Prabumulih,  Palembang, OKU, OKI, OI.

Selain mengikuti lomba, kontestan juga mengisi stand yang telah disediakan panitia, mereka memamerkan koleksi batu Mulia mereka dan juga menjualnya kepada para pengunjung yang berminat. Event in berhasil menyedot ribuan pengunjung yang datang silih berganti.

Tak hanya didominasi oleh kaum pria, kaum wanita pun turut memeriahkan event bertema Dari Batu Kita Menjadi Satu ini, mereka terlihat antusias memilih batuatau pengikat batu bahkan ada juga yang turut menjual batu mulia ini.

Rudi, salah satu pengunjung Kombal Gemstone Contes ini mengatakan sangat mendukung event Kombal ini.

“Selain dapat menyalurkan hobi, dengan adanya batu Akik ini dapat lebih meningkatkan perekonomian kerakyatan,” kata Rudi, sambil mengambil bongkahan bahan batu akik.

Pada hari kamis, 7 Mey 2015 juri menilai batu mulia kategori Bacan Bebas, Pictural Agate Kristal, Teratai, dan pada esok hari 8 Mei 2015 para juri yang berasal dari Indonesia Gemstone ini akan menilai batu mulia kategori Pictural Agate Badar, Akik Pola, Bebas Unik Antik, Yellow Chalcedony, Blue Chalcdony serta Panca Warna Lahat.

Kombal Gemstone contes ini berhadiah utama satu unit sepeda motor, serta hadiah-hadiah lainnya yang mencapai puluhan juta rupiah. Komunitas batu Akik Lahat yang terbentuk pada 27 September 2014 ini diketuai oleh Dhiky SE.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline