Lihat ke Halaman Asli

Koneksi antar Materi Modul 2.3 CGP Angkatan 7

Diperbarui: 30 Maret 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Koneksi Antar Materi 

Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Pembelajaran

Ronisalasa

CGP Angk. 7 Kabupaten Gowa

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan metari yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media.

Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar

1. Pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja diperoleh

Pada modul 2.3 ini, saya mempelajari tentang supervisi akademik yang bertujuan sebagai upaya pengembangan kompetensi diri setiap pendidik di sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah coaching yang memiliki tiga prinsip yaitu; kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi. Kompetensi inti coaching yang harus dimiliki diantaranya; kehadiran penuh (presence), mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot. Percakapan berbasis coaching menggunakan alur TIRTA, akronim dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan TAnggung jawab. Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan dalam supervisi akademik yaitu; pra observasi, observasi, dan pasca observasi yang semuanya akan membantu mencapai tujuan.

2. Emosi-emosi yang dirasakan terkait pengalaman belajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline