Lihat ke Halaman Asli

Ronald Wan

TERVERIFIKASI

Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Membandingkan Libra, Bitcoin dan Gopay

Diperbarui: 15 September 2019   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay.com

Bagaimana jika kita membandingkan Libra, Bitcoin dan Gopay? Ketiganya adalah uang digital yang berbasis server. Berbeda dengan uang digital berbasis kartu seperti Mandiri Toll atau BCA Flazz.

Beberapa hal mungkin bisa menjadi titik perbandingan antara ketiga mata uang digital tersebut,

Mata Uang Kripto

Bitcoin adalah pelopor mata uang kripto yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. Baca lebih lengkap: Bitcoin berkembang sebelum waktunya.

Sedangkan Libra diciptakan oleh Facebook, namun akan diregulasi oleh Asosiasi Libra. Berbeda dengan Gopay yang bukan merupakan mata uang kripto.

Mata uang

Mata uang Bitcoin adalah Bitcoin. Libra juga menggunakan dasar yang sama yaitu mata uang Libra adalah Libra. Berbeda dengan Gopay di mana mata uangnya tergantung dari negara tempat transaksi. Sehingga akan lebih tepat disebut dompet digital dibanding uang digital.

Terus terang saya kurang tahu apakah Gopay juga sudah mulai digunakan di negara lain. Namun yang jelas mata uang Gopay di Indonesia adalah rupiah.

Jaminan

Ketika Anda mengisi saldo Gopay, maka Gojek akan menjamin nilai rupiah yang Anda isikan akan sama dengan nilai Gopay Anda.

Libra, juga akan melakukan hal yang sama. Namun berbeda secara prinsip karena Libra adalah mata uang sendiri, maka nilai Libra akan dikaitkan dengan sejumlah aset yang kuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline