Lihat ke Halaman Asli

Ronald Wan

TERVERIFIKASI

Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Siapakah Manajer Sepakbola Terbaik Menurut Adebayor?

Diperbarui: 19 Juli 2017   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Emmanuel Adebayor (skysports.com)

Emmanuel Adebayor, lahir di Togo, sebuah negara di Afrika Barat pada tanggal 26 Februari 1984  di kota Lome (Ibu kota Togo). Memulai karir sepakbola di Sporting Club the Lome, sebelum ditemukan oleh sebuah klub sepakbola Perancis Metz yang membawanya ke Perancis pada tahun 1999.  Tahun 2003 Adebayor dibeli oleh Monaco sebelum pindah ke Arsenal pada tahun 2006.

Adebayor pindah dari Arsenal ke Manchester City tahun 2009. Pada masa kontrak dengan City, Adebayor sempat dipinjamkan ke Real Madrid pada tahun 2011 dan Tottenham Hotspur pada tahun 2011-2012 sebelum akhir dibeli oleh Hotspur pada tahun 2012. Pindah ke Crystal Palace tahun 2016, sekarang Adebayor berkarir di Istanbul Basaksehir Turki.

Saat dipinjamkan ke Real Madrid, Ade Bayor bertemu dengan Jose Mourinho. Pengalaman diasuh oleh Mou masih berkesan sampai sekarang.

"Without a doubt, the best manager I ever worked with has been Jose Mourinho,"  kata Adebayor seperti yang dikutip oleh Turkish Football (situs bola Turki)

"Seperti orang lain saya menyebut Mou sebagai the Special One, Mou adalah seorang yang sangat spesial dan hanya satu-satunya pelatih yang masih berhubungan dekat dengan saya. Kami sering berbicara, Mou bukan sekedar manajer. Mou memiliki tempat khusus di hatiku. Tidak ada manajer  yang pernah saya alami yang bisa seperti Mou.

Kamu akan menemukan bahwa semua pemain yang pernah diasuh oleh Mou, memiliki rasa hormat dan kekaguman yang tinggi, Saya salah satunya" kata Adebayor

Adebayor memilliki sebuah penyesalan tidak bisa pindah ke Real Madrid secara permanen. Dia masih menyesali adanya sebuah surat yang dikirim oleh kakaknya ke Real Madrid. Sebuah surat resmi dari keluarga Adebayor yang mengatakan bahwa Real Madrid sebaiknya tidak mengontrak Adebayor.

Dalam wawancara dengan BBC.com, Adebayor mengatakan bahwa walaupun misalnya surat tersebut hanya mempengaruhi 10% dari keputusan Madrid untuk tidak mengontraknya, tetap memiliki pengaruh yang patut disesali. Sampai sekarang Adebayor tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya.

Setelah mengalami musim yang kurang berhasil bersama Crystal Palace. Adebayor membuktikan bahwa dirinya masih berharga sebagai pemain sepakbola dengan berhasil mengoleksi 6 gol (11 pertandingan) pada awal karirnya di Istanbul Basaksehir. Adebayor dikontrak untuk musim yang berlangsung tahun 2017-2018 di Turki.

Referensi:  Wikipedia,  Goal.com, Dailymail.co.uk

Salam

Hanya sekadar berbagi  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline