Lihat ke Halaman Asli

Ronald Dust

Seniman Musik dan Jurnalis

Mengenang Lagu "Merah Putih" Karya Gombloh

Diperbarui: 5 Maret 2019   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Merayakan Hari Musik Nasional, 9 Maret 2019, saya pilihkan satu lagu untuk kita kenang di masa ini. Lagunya berjudul Merah Putih ciptaan sang legenda Gombloh. Belum ada referensi yang jelas tahun berapa lagu ini diciptakan.

Gombloh adalah seorang jenius musik dengan rasa nasionalisme yang tinggi. Ia juga sangat mencintai alam Indonesia. Repertoire dari karya-karya Gombloh banyak yang bertemakan Kebangsaan dan Alam.

Lagu Merah Putih ini saya pilihkan untuk kita kenang hari ini karena musik dan liriknya mengandung jawaban untuk tantangan hidup bangsa Indonesia saat ini. Tepat saat ini!

Pada tahun 1995 itu, lagu Merah Putih dinyanyikan bersama-sama oleh banyak artis yang dinamakan Artis Musica. Penyanyi-penyanyi hebat seperti alm. Chrisye, Harvey Malaiholo, Trio Libels, Rafika Duri, Novia Kolopaking, Inka Christie, Iwa K dan Agnezmo kecil =) masih banyak lagi.

Di masa yang diisi peristiwa-peristiwa politik seperti Pemilu atau Pilpres ini, kita telah melihat banyak sekali pihak-pihak yang melupakan jati diri kita sebagai bangsa. Terkadang kita tidak bertutur kata dengan santun. Terkadang kita juga sering terlalu cepat terpecah-belah karena berbagai isu, yang terkadang sepele.

Di masa sekarang ini, telah terlontarkan seruan-seruan pesimistis atau sikap-sikap skeptis mengenai masa depan Indonesia sebagai bangsa. Ketidakperdulian akan dampak yang buruk juga tercipta dimana-mana.

Tapi di masa ini juga kita melihat bahwa para atlit Indonesia masih mampu meneruskan prestasi di kancah Internasional. Mulai dari Asian Games, dari lapangan Bulu Tangkis dan Sepakbola junior. Sedikit dan perlahan tapi pasti.

Gombloh telah mengatakannya kepada kita semua melalui lagu Merah Putih untuk menjawab tantangan kehidupan berbangsa kita saat ini.

Dalam pekerjaan saya, saya telah melakukan analisa terhadap banyak karya musik. Berikut ini adalah sedikit interpretasi saya terhadap lagu Merah Putih dari Gombloh.


Merah Putih 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline