Lihat ke Halaman Asli

Ulangan Bukan Sekedar Mengulang

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

“Pernahkah anda melaksanakan ulangan di Sekolah ?”

“Tentunya sangat sering sekali bukan ?”

Seorang guru setelah memberikan materi pembelajaran kepada siswa tentunya harus mengadakan yang namanya evaluasi, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sampai dimana kemampuan siswanya untuk menguasai materi-materi yang telah diberikan. Seperti yang kita ketahui di Sekolah manapunpasti dan wajib akan melaksanakan UTS maupun UAS setiap tahunnya untuk mengevaluasi siswanya. Tapi banyak juga guru yang memiliki kekreatifandalam melakukan evaluasi didalam kelas dengan cara yang bermacam-macam dan berusaha untuk tidak membuat siswanya bosan pada saat melakukan Tanya jawab didalam kelas juga tidak membuat suasana kelas menjadi tegang.

Selain untuk menentukan hasil belajar masing-masing siswanya, antara lain untuk menentukan kenaikan kelas maupun lulus atau tidaknya siswa tersebut. Dengan melakukan evaluasi seorang guru mampu untuk membedakan masing-masing kemampuan siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dan guru tersebut bisa melakukan penilaian yang berbeda antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang lebih cepat dan siswa yang lambat dalam menerima pelajaran.

Selain itu juga evaluasi memiliki fungsi untuk mendorong siswanya untuk lebih giat lagi untuk belajar di rumah, guru juga bisa melakukan quis yang menyenangkan bagi siswanya dan yang tidak membuat tegang pada saat quis berlangsung.Dengan itu guru bisa mengetahui samapi dimana perkembangan dan kemajuan yang diperoleh oleh siswa tersebut.

Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di tingkat SMA/SLTA seperti yang kita ketahui sudah sangat baik dan sudah mencapai tujuan yang diharapkan. Selain mengevaluasi kemampuan siswa, guru juga harus mampu mengevakuasi dirinya sendiri dalam melakukan proses mengajar.

Ada juga yang memiliki persepsi bahwa evaluasi adalah suatu proses yang mencakup pengukuran yang berisi pengambilan keputusan tentang nilai. Dengan melakukan umpan balik juga sangat bagus karena dengan cara itu siswa mampu merespon dengan cepat stimulus yang diberikan oleh seorang gurunya

Dengan evalusi ini akan memberikan gambaran siapa saja yang telah berhasil dan siapa yang dianggap belum berhasil, dan guru mampu untuk keputusan yang tepat untuk memberikan tindakan-tindakan yang tepat untuk siswanya yang belum berhasil tersebut.

Bagi siswa yang belum dianggap berhasil guru bisa untuk memberikan pendekatan secara khusus untuk memotivasi siswa tersebut agar tidak putus asa dan supaya tidak merasa diri yang terbelakang dengan teman-temannya yang lain yang sudah mampu menguasai materi yang telah diberikan oleh guru didalam kelas.

Dengan demikian, kita sebagai calon guru kita harus mampu mengetahui bagaimana cara yang baik untuk melakukan evaluasi yang menyenangkan selain dengan mengadakan ulangan harian maupun UTS dan UAS.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline