Lihat ke Halaman Asli

“Keadaan Guru Pendidikan Sosiologi Saat Ini”

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan sosiologi sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik terutama yang jurusan IPS, tujuannya adalah agar peserta didik paham dengan apa saja yang terjadi didalam masyarakat dan pendidik juga memberikan penjelasan tentang ilmu sosial kepada peserta didiknya sampai mereka memahami maksud dari hal tersebut. Pendidikan sosiologi juga adalah ilmu yang mempelajari interaksi sosial yang baik dengan sesama masyarkat peserta didik juga mampu memahami apa saja yang terjadi dalam masyarakat baik itu hal positif maupun hal yang negatif sekalipun.

Dan sebagai calon guru yang baik kita harus mampu memahami semua hal yang berada di sekitar kita baik itu masyarakat, lingkungan maupun peserta didik kita kelak, dengan mempelajari pendidikan sosiologi ini kita mampu memahami orang lain baik itu dengan interaksi maupu pergaulan sosial. Maka dari itulah pendidikan sosiologi sangatlah penting untuk kita pejari karena mampu membuat kita untuk memahami diri sendiri maupun diri orang lain.

Akan tetapi Guru pendidikan sosiologi saat ini banyak yang tidak berlatar belakang dari pendidikan sosiologi terutama di Lombok, terbukti dari yang kita tahu yaitu Guru-guru di Sekolah Menenengah Atas guru sosiologinya banyak yang berasal dari guru Sejarah dan guru ilmu sosial lainnya. Namun peserta didik tidak menghiraukan hal itu, apakah guru yang mengajarkannya benar-benar berasal dari guru pendidikan sosiologi atau tidak, mereka hanya tahu jika tugas mereka datang ke Sekolah adalah untuk belajar, akan tetapi pada saat mereka akan menghadapi Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional mereka akan mengalami kesulitan untuk menganalisis soal-soal karena sang guru tidak mengajarkan peserta didiknya apa yang seharusnya mereka pelajari dan guru seharusnya juga memberikan materi yang dibutuhkan peserta didiknya dan merekapun mampu untuk memahami materi-materi tersebut.

Banyak juga yang terjadi didalam anggotamasyarakat, masyarakat mengalami kesulitan dalam bersosialisasi yang terbuka untuk menjalinhubungan yang baik antar sesama masyarakat sekitar. Maka dari itu Guru yang berlatar belakang Guru ilmu sosial bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan bahan penelitian, para Guru mampu untuk meneliti keadaan yang terjadi dalam masyarkat tersebut dan juga meneliti apa penyebab masyarakat tersebut tertutup, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Mereka para peneliti juga mampu untuk memperdalam lagi ilmu yang telah mereka miliki.

Saran

1.Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi pendidikan di Indonesia terutama Pendidikan Sosiologi karena Guru Pendidikan Sosiologi sangat kurang.

2.Seharusnya kurikulum pendidikan jangan terlalu sering diganti-ganti agar peserta didik nyaman dalam belajar.

3.Guru memberikan suasana yang nyaman di dalam kelas agar peserta didik tidak cepat bosan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

4.Materi yang diberikan oleh para guru harus bisa disesuaikan dengan jenjang atau usia peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline